SD Muhammadiyah GKB 2 -Sekolahku Surgaku
Para guru dan karyawan BerLIAN School
BerLIAN School Siap Mendunia
Juara siswa
Parenting Ayah

Siswa Berlian Belajar Qiraah ke Qari Mesir

Siswa Berlian belajar Qiraah dengan Qori Mesir dalam kegiatan Qiraah with Qori Mesir yang diikuti peserta OST (Olah raga, Seni, Teknologi) Qiraah dan siswa kelas V melalui zoom, Selasa (25/8/20).
Siswa Berlian Belajar Qiraah ke Qori Mesir. Mohammad Youssef Atho’ Lc saat memberikan materi Qiro’ah pada siswa Berlian school via zoom. (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Host sekaligus penerjemah materi Mujahidul Authon SPdI mengatakan kegiatan ini menghadirkan Mohammad Youssef Atho’ Lc Qori asal Mesir.

Dia mengucapkan terima kasih juga untuk M Fauzan alumni SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik yang kuliah di Mesir. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk bergabung dengan adik-adik Berlian School.  

Mendengar dan Mengulang

Cara menghafal al-Quran, sambungnya, ada dua asas yakni pendengaran dan pengulangan. Kelompok juga terbagi menjadi dua: pemula dan lanjutan,” jelasnya.

dia menelaskan waktu yang dianjurkan untuk menghafal al-Quran adalah setelah Subuh. Untuk pembelajaran pemula, katakan dengan keras. “Saya akan menghafal al-Quran dengan kehendak Allah. Sepekan ke depan lebih sering mendengar dari guru ngaji saat guru membaca surat maka ikutilah.  

Dia memaparkan segala sesuatu harus dimulai dari hati, maka semua akan sempurna dan istimewa. “Jadi membaca huruf Hijaiyah kita harus mengatur nafas kita. Tegakkan badan dan atur nafas dari perut, tarik nafas keluarkan dan tarik nafas lagi. Ulangi berkali-kali,” terangnya.

Jika sudah membaca dan mendengarkan bacaan al-Quran, tandasnya, maka kalian harus murajaah dengan guru kalian. Atau saat shalat bacalah surat yang kalian hafalkan.

“Kalau sudah dibaca dan didengar, maka tulislah di kertas kosong surat tersebut dan koreksi apa tulisannya sudah benar. Semua harus dilakukan dengan pantauan guru agar hafakan kita semakin kuat,” terangnya.

Menurutnya, jika ada surat yang sulit untuk dihafalkan, maka harus diulang-ulang sampai kalian hafal. “Di saat awal belajar, kita perbaiki dulu makhorijul huruf dan tajwid,” katanya.

Cara Memperbagus Makhraj

Muhammad menjelaskan cara memperbagus makhraj. Menurut dia siswa juga harus minta pada Allah agar mempunyai suara yang bagus agar dapat melantunkan al-Quran dengan indah. “Yakin pada-Nya, Dia mendengar doa kita, ada beberapa orang yang mempunyai suara bagus, ada yang tidak tetapi kita tetap memperbaiki suara kita,” ujarnya.

Nur Alifah peserta OST Qiroah senang dengan adanya kegiatan Zoom qiraah bersama qari’ Mesir ini. “Saya senang dengan kehadiran Ustada Muhammad karena bisa belajar cara mudah menghafal al-Quran. Terima kasih Berlian school,” katanya. (*)

Penulis Ria Rizaniyah. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Rabu 26 Agustus 2020)

Sumber: pwmu.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *