SD Muhammadiyah GKB 2 -Sekolahku Surgaku
Para guru dan karyawan BerLIAN School
BerLIAN School Siap Mendunia
Juara siswa
Parenting Ayah

Profil Sekolah

Profil Sekolah

SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik berdiri pada tanggal 9 Mei 2009 merupakan pengembangan dari SD Muhammadiyah GKB 1 Gresik yang didirikan oleh Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik. Dengan diprakarsai oleh beberapa tokoh Muhammadiyah dan pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik berdirilah sekolah dengan konsep pendidikan islam holistik yang memandukan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum sekaligus budaya afeksi yang secara konsisten diterapkan di sekolah.

SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik terletak di jalan Berlian VIII no 2 PPS Gresik, merupakan salah satu sekolah swasta di Kabupaten Gresik yang mencukupi kebutuhan perkembangan pendidikan kekinian, sehingga SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik mulai dikenal masyarakat tidak hanya di wilayah Gresik, tetapi juga membahana kewilayah Kabupaten lain. Dari siswa yang dahulu hanya berjumlah 74 siswa kini seiring dengan peningkatan kualitas dan kepercayaan masyarakat jumlah seluruh siswa telah mencapai 700 siswa.

SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik yang dibangun diatas tanah seluas 4.200 m² di desa Suci Kecamatan Manyar Gresik sebagai alternative sekolah unggulan Muhammadiyah Jawa Timur khususnya di Kabupaten Gresik. Eksistensi sekolah dalam mengembangkan dunia pendidikan tidak kalah dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah yang lain. Sekolah yang lebih dikenal dengan istilah BerLIAN School menginspirasi pengurus sekolah untuk menjadikan sebagai motto sekolah yakni “BerLIAN School” Beriman dan Berilmu.

Sekolah telah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung kebutuhan proses belajar mengajar maupun sarana pengembangan minat dan bakat siswa. Mulai dari kelayakan ruang belajar yang representative dan nyaman untuk kegiatan belajar di dalam ruangan, perpustakaan sekolah maupun perpustakaan kelas denga nribuan judul buku referensi, laboratorium computer dengan fasilitas WIFI, ruang serbaguna untuk kegiatan pertemuan dan kegiatan keagamaan maupun lapangan olah raga futsal, basket, serta perlengkapan olah raga yang memadai.

SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik yang muda usianya, namun telah mencapai beberapa prestasi sekolah yang membanggakan mulai dari tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional, bahkan International di berbagai bidang dari akademik hingga pengembangan diri. Salah satu juara International yang telah diraih adalah Juara Fotografi International dan mendapatkan Medali Emas Lidice Republik Cheko. Tidak kalah menarik dalam bidang olah raga seni yakni tapak suci putra Muhammadiyah sebagai icon dalam sekolah Muhammadiyah juga telah meraih beberapa prestasi terbaik hingga tingkat Propinsi. Begitu pula dengan bidang pengembangan diri yang lain juga banyak meraih prestasi-prestasi antara lain : olah raga futsal, karya ilmiah, story telling dan seni baca Al Qur’an. Keberhasilan-keberhasilan itu tidak lepas dari peran serta guru-guru yang loyalitas dan mendidik dengan hati. Dimana ada siswa hebat maka dibelakangnya adalah guru-guru yang hebat pula.

Selain itu, pada tahun pelajaran 2014-2015 SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik telah meluluskan 74 siswa sebagai lulusan pertama dengan Nilai Ujian Sekolah yang memuaskan dan diterima di SMP swasta maupun negeri Favorit di Kabupaten Gresik seperti SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, SMP / MTS favorit, pondok pesantren dan boarding school di Gresik maupun di kota lain Kualitas lulusan siswa SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik selain ditentukan oleh keberhasilan dalam mencapai nilai-nilai akademik dan pengembangan diri yang tinggi, serta memiliki kemampuan menghafal Al Qur’an Juz 30 saat siswa lulus dari SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Terbukti banyak siswa diterima di SMP, pondok pesantren, dan boarding school favorit tanpa tes karena telah mengantongi sertifikat juara saat masih di bangku sekolah dasar.

SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik memiliki tenaga pendidikatau guru dengan kualifikasi pendidikan minimal S1 yang sesuai dengan bidang keilmuan baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan dari berbagai macam universitas negeri maupun swasta seperti : UniversitasNegeri Surabaya, Universitas Negeri Jember, Universitas Airlangga, IAIN Sunan Ampel, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Gresik, dan beberapa guru dengan kualifikasi pendidikan S2, serta untuk tenaga non kependidikan atau karyawan denga nkualifikasi pendidikan minimal SMA / MA. Untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang pengajaran, pelayanan pada siswa dan wali siswa sekolah mengikutkan berbagai macam program pelatiha ndan seminar seperti pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013, pelatihan Guru Al Islam dan Al Qur’an, seminar Internasional Menjadi Guru Sukses di Finlandia, Work Shop Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta studi banding di sekolah Muhammadiyah Gondang Legi Malang. Selain itu rapat rutin dan pembinaan baik dari sekolah maupun Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik pun sering dilaksanakan yang di ikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kekompakkan dan loyalitas guru dan karyawan terhadap sekolah sehingga pengembangan sekolah maupun mutu pendidikan dapat terus ditingkatkan.   

Berbagai macam program pengembangan terus dilakukan baik dari kulitas mutu pendidikan, mutu pelayanan pada pelanggan, pengembangan dan perbaikan sarana prasarana sekolah untuk mencapai kepuasan pelanggan sehingga di tahun-tahun mendatang sekolah tetap dipercaya masyarakat untuk mewujudkan generasi Berlian yakni Beriman dan Berilmu yang berkarakter, cinta negara, berbakti pada orang tua serta menjadi generasi qur’ani penerus Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Berbagai prestasi telah banyak ditorehkan oleh BerLIAN School selama 11 tahun terakhir, baik dari siswa maupun dari para guru pengajarnya. Mulai dari prestasi regional mapun prestasi nasional, pun tidak hanya dari segi pendidikan aja, tetapi juga dari hal penunjang sekolah yangn lain, seperti kebersihan, kantin serta perpustakaan sekolah.

Mulai dari juara kantin bintang oleh BPOM, akreditasi perpustakaan tingkat nasional sampai lomba sekolah sehat yang memeroleh predikat Sekolah Sehat Nasional dalam acara LLSS tingkat nasional dan meraih juara ke-2.

Kedepan SD Muhammadiyah 2 GKB mulai menata dan mempersiapkan segala sesuatu agar lebih dapat berkonribusi lebih terhadap pendidikan siswa serta menghasilkan lebih banyak lagi prestasi yang ditoreh baik siswa maupun guru pengajar. Bahkan tidak hanya siswa dan guru, karyawan pun tidak luput dari pengembangan untuk memperoleh prestasi.