SD Muhammadiyah GKB 2 -Sekolahku Surgaku
Para guru dan karyawan BerLIAN School
BerLIAN School Siap Mendunia
Juara siswa
Parenting Ayah

Category Archives: Umum

Saad Ibrahim: Agar Kita Tidak Kufur Nikmat

Saad Ibrahim mengatakan agar kita tidak kufur nikmat dalam bekerja ada 3 hl yang harus dimiliki yaitu niat, irodah, dan azzam.
Dr HM Saad Ibrahim MA saat memberikan ceramah dalam acara penguatan Ideologi Muhammadiyah Mugeb School, Sabtu (19/9/20). (Erik/PWMU.CO)

Tim Al-Islam Sinergi Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik mengundang Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur dalam kegiatan webinar Penguatan Ideologi Muhammadiyah, Sabtu (19/9/20).

“Seseorang dalam berkerja merupakan aktualisasi terhadap potensi-potensi yang dimiliki. Potensi itu dapat berupa kekuatan fisik, kecerdasan, dan kekuatan pikiran,” jelasnya.

Meurutnya, Allah menganugerakan potensi kepada manusia melebihi dari makhluk lain maka Allah SWT menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi.

Langkah agar Terhindar Kufur Nikmat

Saad Ibrahim melanjutkan, lalu bagaimana memanfaatkan potensi yang sudah diberikan Allah SWT agar kita tidak menjadi seseorang yang kufur nikmat (tidak bersyukur atas nikmat)?

Menurutnya, seseorang harus menempuh langkah-langkah agar tidak tergolong menjadi kurun nikmat. Pertama, harus memiliki niat. Niat merupakan aspek yang penting dalam bekerja. Seperti yang kita tahu hadists Rasulullah SAW, Innamal a’malu ninniyat, segala sesuatu bersumber dari niat.

Setelah niat, sambungnya, langkah selanjutnya adalah action atau bekerja. Dia berpesan agar jika memulai suatu pekerjaan dengan mengucap bismillah. “Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, bahwa “Setiap kali yang tidak dimulai dengan bismillah maka ia akan terputus dari berkahnya Allah SWT.” 

“Karena itu bekerja adalah tanda syukur, kalau kita malas dan sebagainya itu tandanya kita kufur nikmat,” pesannya pada peserta.

Dua Prinsip Bekerja

Saad memaparkan Allah SWT sudah memberikan manusia begitu banyak nikmat salah satunya adalah kecerdasan dan potensi. Tinggal bagaimana manusia itu mampu memanfaatkannya dengan baik.

Penulis Viki Safitri. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Senin 21 September 2020)

Sumber: pwmu.co