Category Archives: Out Bond

Outbound Kelas VI

IMG-20190228-WA0191

SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik yang dikenal dengan sebutan Berlian School menyelengarakan outbound di Dlundung Trawas Mojokerto, Kamis (28/2/2019).

Acara diikuti kurang lebih 120 siswa kelas 6 didampingi oleh guru kelas serta beberapa guru lainnya. Outbound diawali upacara pembukaan dipimpin anggota Koramil Trawas Arlin dan pembina dari sekolah Rahmat Syayid.

Arlin melatih peserta baris berbaris (PBB) sesuai aturan. ”Ini aturan dasar baris yang harus dikuasai setiap peserta dalam setiap kegiatan,” ujarnya.

Ketua Panitia M.Fahri Lazuardi SPd mengatakan, outbound diselenggarakan untuk membangun kepercayaan diri, disiplin, kemampuan bekerja sama serta saling menghargai dengan lainya.

Usai berbaris, peserta senam dengan iringan musik. Dilanjutkan berbagai macam permainan yang menyenangkan. Ada flying fox, karapan sapi, pulau keong, fly karpet, limbah beracun, ular buta. Di akhir permainan peserta diajak menyusuri sungai hingga ke air terjun Dlundung.

IMG-20190228-WA0324   IMG-20190228-WA0327

Mohammad Nabil  Ramadan, siswa, berkomentar outbound ini sangat menarik. ”Banyak pemainan yang menyenangkan. Paling saya sukai kerja sama kelompok mengisi air dengan pipa yang sudah dibelah serta susur sungai,” katanya.

Wali kelas 6 Nurul Mahzumah SPd menyampaikan, acara ini menghilangkan ketegangan dan  kepenatan setelah ujian. ”Mereka butuh menyegarkan pikiran sehingga lebih siap menghadapi ujian akhir sekolah dalam waktu dekat nanti,” katanya.

 

Outbond Edukasi Agrokompleks Kelas III BerLIAN SCHOOL.

Peserta didik kelas III terlihat begitu ceria dengan raut senyum wajah yang lebar ketika menginjakkan kaki di Kecamatan Prambon, Kota Sidoarjo (23/01/19).

BerLIAN SCHOOL – Alas Prambon, Begitulah nama lokasi yang menjadi Destinasi utama Tim Outbond Kelas III. Euforia anak-anak pun terlihat sejak awal perjalanan, mereka bernyanyi bersama, bercengkrama dan berbagi makanan satu dengan lainnya, Suasana meriah pun tidak bisa terhindarkan lagi.

Euforia Anak-anak Kelas III sebelum berangkat - BerLIAN SCHOOL (Authon)

Euforia Anak-anak Kelas III sebelum berangkat – BerLIAN SCHOOL                              (Authon)

2 Shuttle Bis Dan 1 Minibus Sekolah telah di sediakan oleh panitia untuk Transportasi Outbond ke Alas Prambon. Antusiasme anak-anak semakin memuncak ketika kendaraan yang mereka tumpangi telah sampai tujuan. Mereka berlarian untuk menuju lokasi Outbond dengan di bantu kereta mobil yang telah di sediakan oleh Tim Alas Prambon.

Di awali dengan acara pembukaan oleh Tim Alas Prambon, kemudian dilanjutkan dengan senam bersama anak-anak, Ustadz-ustadzah dan Tim Alas Prambon, tidak lupa anak-anak pun mendapat penjelasan terkait aturan-aturan dan tata tertib yang telah di tetapkan oleh Tim Alas Prambon.

ced0007d-6e3d-47c2-98b2-bc85c7c6551b

Senam bersama sebelum masuk wahana outbond

Senam bersama sebelum masuk wahana outbond

Berbagai macam Permainan edukakatif pun tersedia, baik permainan yang melatih keseimbangan, kesabaran, kecepatan dan ketangkasan berpikir anak-anak. Dari beberapa permainan  yang telah peserta didik mainkan, Flying Fox menjadi permainan favorit anak-anak karena dapat memacu adrenalin mereka. “Seru banget dan menegangkan,tapi asyik” Ucap salah satu peserta didik kelas III.

Berani Mengambil Resiko, Karakter yang Ditanamkan BerLIAN School

WhatsApp Image 2018-03-10 at 11.31.23(1)   BerLIAN School– “Berani Mengambil Resiko” adalah salah satu karakter pemimpin. BerLIAN School sejak dini berusaha menanamkan karakter ini. Sikap dan perilaku ini merupakan bekal dalam mengarungi ujian dan cobaan dalam hidup. Berani karena benar walaupun penuh resiko.

Penanaman karakter ini dilaksanakan BerLIAN School melalui Kegiatan Out Bond yang diikuti oleh kelas VI SD Muhammadiyah 2 GKB di Pacet – Mojokerto pada Rabu,  (24/01/2018). Dengan mengusung tema “to be a winner in your future” kegiatan ini mendatangkan mentor dan Coach  dari OBECH.

Ketua tim out bound dari OBECH, Ireng Santoso menyampaikan, “game-game yang kami berikan kepada anak-anak adalah penanaman karakter tentang mengambil resiko dan mengajarkan kepada anak-anak agar peduli pada alam.  Filosofi dalam game-game ini diantaranya bahwa berhasil menjadi pemenang itu harus dilakukan secara step by step”.

 

WhatsApp Image 2018-03-10 at 11.31.23

“Jalanan luas, setapak yang terjal, parit, babatan, arus sungai yang deras semua itu menggambarkan bahwa sukses itu harus diperjuangkan”, tambahnya.

WhatsApp Image 2018-03-10 at 11.31.24

 

 

Ada beberapa game dalam out bond yang diikuti oleh siswa ini bersifat kompetisi dan juga kerja sama team, yaitu : Opening game (pengibaran bendera), pimpong cession, plan team, high rope dan team ballence.

WhatsApp Image 2018-03-10 at 11.31.20

WhatsApp Image 2018-03-10 at 11.31.25

Roro ayu fitria siswi dari kelas VI Ali Bin Abi Thalib mengaku senang meskipun jalanan tidak mudah dilalui dan ditambah arus yang deras “ya kita harus tetap semangat dalam perjalanan menuju tujuan akhir agar berhasil” ujarnya.(lail/admvc)