SD Muhammadiyah GKB 2 -Sekolahku Surgaku
Para guru dan karyawan BerLIAN School
BerLIAN School Siap Mendunia
Juara siswa
Parenting Ayah

Category Archives: Bina Prestasi

Siswa Berlian Juara Nasional Matematika

 Siswa Berlian meraih juara nasional Olimpiade Matematika secara online. Penganugerahan dilakukan secara online, Sabtu (12/9/20) melalui zoom meeting.
M Hafiz Rayhan Rahman memperlihatkan salah satu tropi juara olimpiade matematika online (Ria Rizaniyah/PWMU.CO)

PWMU.CO – Siswa Berlian School berhasil meraih juara nasional olimpiade matematka online. Penganugerahan diberikan Sabtu (12/9/20) melalui Zoom.

Putra tunggal Abdul Rahman Sholeh SE dan Ria Rizaniyah SPd yang menyukai menggambar dan matematika sejak TK ini merasa bahagia ketika mendapat anugerah prestasi matematika ini.

Ria Rizaniyah menjelaskan putranya mendapat motivasi kuat untuk belajar dan mengikuti beberapa lomba. “Berawal dari melihat hasil tropi juara saya yang ada di rumah, terus ingin mendapatkan tropi juga yang lebih banyak,” ceritanya.  

Ria awalnya tidak ingin memaksa putranya untuk mengikuti lomba. Namun sebagai orangtua dia ingin menemukan bakat putra tunggalnya itu.

“Rayhan punya buku matematika khusus sendiri, untuk latihan sehari-hari di rumah. Biasanya saya berikan dua soal matematika sederhana untuk mengasah kemampuannya,” jelasnya.

Ketika dia masih di TK, sambung dia, saya sudah mencari bakat dan minatnya pada mata pelajaran matematika, sains dan bahasa inggris, setelah mengetahui ternyata Rayhan suka matematika

Raih Tujuh Prestasi saat Pandemi

Sementara itu, Abdul Rahman Sholeh SE mengatakan biasanya wawasan sains dan bahasa Inggris didapat Rayhan dari melihat YouTube.

“Selain itu juga sebagai orangtua kami selalu memberikan reward kepada anak kami. Rayhan selama ini minta beli ikan hidup setiap dia mendapatkan juara, karena salah satu hobinya mengoleksi ikan di akuarium,” terangnya.

Dia mengungkapkan untuk bisa menemukan bakat dan minat alami dari dalam diri anak kemudian berikan pendampingan untuk dikembangkan. “Usahakan tidak memaksa anak untuk mengikuti kemauan orangtua,” pesannya.

Selain meraih juara di bidang olimpiade matematika Rayhan berhasil meraih enam prestasi saat pandemi Covid-19, yaitu:

  1. Harapan I Lomba Kreasi Anak Indonesia Keseimbangan stikman oleh Edu Sains Club
  2. Bronze Award ROCG Read1 Online Competition Geometri yang diadakan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Nasional
  3. Medali perunggu olimpiade IPA pada Kompetisi Mapel Online KMO 2020 tingkat nasional.
  4. Juara harapan IV lomba matematika tingkat SD Jaya Baya
  5. Harapan V lomba bahasa inggris tingkat SD Jaya Baya
  6. Juara bercerita kategori “Peserta Terlucu” yang diadakan Rumah Pelangi Gresik

Penulis Firdausi Nuzula. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Senin 14 September 2020)

Sumber: pwmu.co