Category Archives: Berita Prestasi

BerLIAN School akan adakan Raker yang Menggembirakan di Kota Apel

Jajaran Guru BerLIAN School (Nur Hamidah/sdmgkb2.sch.id)

Rapat Kerja (raker) SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik akan digelar di Villa Insani Batu, Sabtu-Ahad (11-12/1/2020).

Persiapan yang dilakukan oleh pihak panitia maupun pemateri raker telah mencapai 100 persen, tinggal eksekusi di hari pelaksanaannya.

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Nur Silfiana SPd dihubungi di kantornya, Jumat (10/1/2019).

Dia menjelaskan, raker yang diselenggarakan di kota apel ini diikuti 74 guru dan karyawan (gukar) sekolah.

Dalam raker nanti ada lima elemen penting yang akan dibahas. Kelima elemen itu berasal dari bidang sekretariat, marketing, kurikulum, kesiswaan, dan bidang umum dan pelayanan sekolah.

“Semua elemen sekolah diwajibkan mengikuti acara ini, tidak terkecuali security,” ujarnya.

Silfi menjelaskan, raker kali ini akan dikemas lebih menggembirakan. Pasalnya, hari pertama akan diisi dengan explore Kota Batu dan berbagai permainan sedangkan raker akan dilaksanakan di hari kedua.

“Semua ini bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan sesama guru karyawan,” ungkapnya.

Menurut Silfi, explore akan dilaksanakan sampai pukul 19.00, setelah itu rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju villa.

“Kira-kira rombongan akan tiba di Villa Insani Batu pukul 19.30,” ujar Silfi.

Pada malam hari, panitia mengadakan pesta barbeque untuk menghangatkan suasana dan merilekskan pikiran sebelum raker.

Penulis Ahmad Nasafi

Ribuan Siswa Terpesona dengan Dongeng Kelinci di Berlian Afest

Ustadzah Ike Tussolichah saat mendongeng. (Sonya/sdmgkb2.sch.id)

Ribuan siswa, wali siswa dan anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 40 PPS duduk rapi di depan panggung. Mereka tidak sabar menunggu dongeng seru yang disampaikan oleh Ustadzah Ike Tussolicha pada agenda Berlian Afest 2019 di SD Muhammadiyah 2 GKB, Sabtu (30/11/2019).

Suara sapi, suara kambing mengembik, ayam berkokok dan suara kelinci menjadi surprise pertunjukkan ini hingga membuat peserta Berlian Afest penasaran.

Setelah muncul dari balik panggung Ustadzah Ike mengajak anak-anak bermain tepuk cerita. “Buka mata, buka telinga, mulutnya dikunci,” katanya. Semua peserta pun langsung bisa mengikuti dan tertib.

Kali ini Ustadzah Ike menyiapkan dongeng khusus untuk Berlian Afest. “Dongeng ini belum pernah saya bawakan ke anak-anak  TK ABA 40 ataupun lomba, jadi dongeng yang saya bawakan kali ini fresh from the oven,” katanya.

Di mengatakan, menyusun cerita selama tiga hari dan membuat alat peraga cuma sehari. Judul dongengnya Kelinci Pahlawanku. Dibawakan dongeng dengan intonansi suara berbeda-beda dongeng berjalan.

Dia berharap, dongeng ini bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang sikap saling menghargai walaupun ada perbedaan, menghargai kekurangan masing-masing apapun keadaannya. (*)

Penulis Sonya

Kreasi Mading Tiga Dimensi Berlian School, Inilah Para Juaranya

M. Jabir kelas 6 menjelaskan mading tiga dimensinya yang meraih juara 2. (Sayid/sdmgkb2.sch.id)

SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik yang populer disebut Berlian School mengadakan lomba majalah dinding tiga dimensi. Hasil kreasi siswa mulai dipajang di depan perpustakaan, Sabtu (30/11/19).

Tema lomba ini tentang kepahlawan. Diikuti oleh siswa kelas 1 sampai 6. Kreasi siswa kelas satu banyak tempelan puisi dan kisah yang mengambarkan guru sebagai pahlawan.

Wildan Fairuz Fardis dari kelas 2 dalam madingnya menampilkan miniatur monumen-monumen yang ada di Surabaya. Seperti Tugu Pahlawan, Monument Bambu Runcing, Monumen Jalesveva Jayamahe, dan monumen lainnya yang menggambarkan Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Muhammad Jabir Danadiyaksa, siswa kelas 6 yang memakai kostum Kopassus menyampaikan, mading yang dibuat kelompoknya menampilkan cerita bergambar, puisi, pantun dan beberapa tokoh nasional yang menggambarkan My Hero.

Mahfudz Ali, salah satu juri, mengatakan, hasil karya anak-anak ini luar biasa, kreatif dan inovatif. Di sela penjurian dia bertanya ke siswa penjaga mading, butuh berapa hari mempersiapkan dan membuat majalah dinding ini.

Siswa itu menjawab, baru membuat kemarin dibantu teman-teman sesuai arahan ustadzah. ”Kami juga harus menyiapkan belajar karena Senin sudah mulai ujian Penilain Akhir Semester,” ujarnya.

Ketika pengumuman mading  karya kelas 2 sebagai juara pertama, kelas 6 juara kedua, dan kelas 3 meraih juara ketiga.

Wakasek Kurikulum Rohmawati MPd ketika sambutan menerangkan,  perpustakaan sekolah telah mengikuti akreditasi Perpustakaan Nasional dan lomba perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpusda Gresik. Pengumuman Rabu, 27 November, menyebutkan Berlian Library mendapat penghargaan juara 2 Tingkat SD/ MI.  (*)

Penulis Rahmat Syayid