Category Archives: Kurikulum Pendidikan

BerLIAN School siap mendunia

“BerLIAN School” sebutan serta sapaan dari SD Muhammadiyah 2 GKB yang berlokasi di Perum Pondok Permata Suci Gresik akan semakin bersahabat ditelinga para warga Gresik khususnya serta warga Jawa Timur pada umumnya. bagaimana tidak, setelah berbagai pretasi yang telah diraih baik lokal, regional maupun nasional oleh siswa maupun guru pengajar, disekolah ini melanjutkan tren positifya sebagai sekolah yang mampu mencetak peserta didik yang mampu berprestasi serta bersaing dengan peserta didik dari sekolah dan instansi lain setingkatnya. kini SD Muhammmadiyah 2 GKB ini bersiap dan bersiap untuk target baru yang menjadi impian dan warga Sekolah ini. Dengan langkah bertahap dan pasti, meskipun dalam masa yang dipandang sulit seperti pada masa pandemi yang sangat meresahkan dan membuat semua instansi pendidikan dan masayakat indonesia menerapkan kebiasaan baru dalam bersosial dan berinteraksi, pun pada kegiatan pendidikan. Agenda sekolah pun tetap berjalan dengan perubahan dan penyesuaian terhadap prosedur yang ditetapkan pemerintah dan PP Muhammadiyah. Agenda yang menjadi tolak ukur peningkatan kualitas serta kematangan warga sekolah telah dibuat dan didesain sedemikian agar atmosfer pendidikan sekolah tetap stabil, serta komunikasi pihak sekolah guru, siswa dan wali siswa tetap terjaga

Agenda Pembalajaran SD Muhammadyah 2 GKB pada masa pandemi

Selain agenda sekolah yang bersifat penyesuaian masa, BerLIAN School juga melakukan gebrakan lain yang tidak kalah pentingnya dalam memajukan dan meningkatkan kualitas dan memampanan pendidikan pada pesertadidiknya. Slogan BerLIAN School Siap Mendunia akan mennjadi slogan dan semangat baru bagi warga sekolah khususnya dalam mengarungi tahun ajaran yang akan datang. Selain sudah merilis single dan video terkait dengan agenda ini, warga sekolah khususnya dan dibantu berpihak yang berkompeten telah menyiapkan berbagai kebutuhan yang akan menjadi sarana dan prasarana dalam mencapai target tersebut

Slogan BerLIAN School Siap Mendunia

Selain agenda tersebut, terdapat agenda-agenda lain dalam janka waktu dekat ini sesuai dengan yang telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19. “BERLIAN AWARDS 2020” menjadi agenda yang juga diberikan oleh sekolah untuk tetap menjadi peserta didik selalu dalam keadaan pembelajaran. Dengan metode daring maka siswa dapat belajar dan menyalurkan inspirasi mereka.

BerLIAN Awards 2020

Begitupun dengan agenda yang tidak kalah pentingnya bagi sekolah dan peserta didik pada akhir tutup semester dan tutup tahun pembelajaran. wisuda pun tetap dilaksakan oleh pihak sekolah, sekali lagi dengan menyesuaikan protokol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan PP Muhammadiyah. SD Muhammadiyah melakukan Wisuda virtual yang dimana kegiatan wisuda ini meskipun tidak bertemu secara tatap muka akan tetapi dikemas dengan tidak mengurangi esensi dan kemeriahan sebuah wisuda. Dengan mengangkat tema “ILMUKU MEMULIAKAN HIDUPKU” wisuda angkatan VI ini pun diisi oleh tamu yaitu Sherly Annavita Rahmi, seorang motivator pendidikan tingakat nasional yang nama dan wajahnya sudah tidak asing lagi bagi pengamat pendidikan di Indonesia.

Sherly Annavita Rahmi dalam Wisuda Virtual SD Muhammadiyah 2 GKB

Agenda besar ini akan diselenggarakan oleh sekolah pada hari senin 15 Juni 2020 pada jam 08.00-10.30 WIB. Dengan berbagai agenda yang sudah maupun akan berjalan pada masa yang disebut new normal ini, harapan sekolah akan muncul peserta didik yang berilmu dan beriman sesuai dengan moto yang dicanangkan sekolah.[en/]

Penulis Nur Hamidah, S.Pd

Talkshow di JTV Guru Berlian Bahas Ini!

Guru Berlian School jadi pemateri di program Ramadhonan Nang Omah Talkshow Live JTV  dengan tema Tema Adab Berbakti kepada Orangtua, Senin (21/04/20).
Rohmawati, MPd bersama kak Putri dalam acara Talkshow live Romadhonan Nang Omah di gedung JTV (Firdausi Nuzula/PWMU.CO)

PWMU.CO – Guru Berlian School jadi pemateri di program Ramadhonan Nang Omah talkshow live JTV dengan tema Adab Berbakti kepada Orangtua, Senin (21/04/20).

Talkshow yang digelar di Gedung JTV Kompleks Graha Pena Jl Ahmad Yani 88 Surabaya merupakan acara live di tengah pandemi Covid-19.

Dalam acara tersebut Waka Bidang Kurikulum SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik Rohmawati MPd menceritakan kisah Uwais Al Qorny seorang pemuda yang sangat berbakti kepada orangtuanya.

“Meskipun dicemooh oleh masyarakat sekitarnya karena penyakit di tubuhnya, Uwais tetap taat kepada ibunya,” katanya.

Dijelaskan, ada 6 poin penting yang harus diterapkan anak kepada orangtua yaitu berbuat baik kepada orangtua, tidak mengatakan “Ah!”, tidak membentak, berkata dengan kalimat yang baik, bersikap rendah diri kepada orangtua, dan mendoakannya.

Rendah diri, menurutnya, merupakan cara kita menghormati orangtua. Jangan sampai kita merasa sombong karena keilmuan kita lebih dari pada orangtua kita.

Pemateri yang merupakan ibu satu anak ini menjelaskan cara seorang anak menyikapi orang tua yang bukan orangtua kandung. Sarannya harus diperlakukan seperti orangtua sendiri. Karena pada hakikatnya yang disebut orangtua adalah orang yang mendidik dan merawat kita.

“Sebagai anak, sudah sepatutnya kita berbakti kepada orang yang telah mendidik dan merawat kita. Cara anak-anak yang masih di bangku sekolah dasar bisa dengan cara berikhtiar belajar dengan baik itu sudah membuat orangtua bangga. Karena bukan hasil saja yang dinilai oleh Allah tapi ikhtiar kita juga dinilai,” tuturnya.

Acara yang dimulai pukul 10.30 WIB itu dipandu langsung Rizqiani Putri MC lulusan S2 Media dan Komunikasi Unair. Kak Putri—sapaan akrabnya—merasa terharu dan meneteskan air mata saat Rohmawati menceritakan kisah uwais Al Qorny.

Jadwal Talkshow Live di JTV

Sementara itu, Produser Acara Ramadhanan Nang Omah, Ponco Nugroho, mengatakan ini acara pertama JTV live di program bulan Ramadhan.

“Sebelumnya dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi meminta ada acara Pondok Ramadhan, jadi kita buat konsep live pengganti acara Sinau Nang Omah,” jelasnya

Acara ini, lanjutnya, merupakan kegiatan pertama dan kita mengundang guru SD Muhammadiyah 2 GKB sebagai pemateri perdananya.

Ponco mengungkapkan jika dirinya dan tim mempertahankan acara live di tengah pandemi Covid-19 karena ingin menyapa adik-adik di rumah. “Alhamdulillah mendapat respon yang baik dari masyarakat,” ujarnya.

Ponco lalu menjelaskan jadwal acara ini. Hari Senin untuk jenjang SD, Selasa SMP, dan Rabu untuk SMA.

“Durasinya pun berbeda. Jenjang sekolah dasar lebih pendek durasinya 30 menit,” tandasnya. (*)

Penulis Firdausi Nuzula. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Selasa 28 April 2020)

Sumber: pwmu.co

Berlian School Edukasi Warga soal Corona

Berlian School edukasi warga dengan bagikan poster langkah cuci tangan yang benar, Kamis (19/3/2020). Ini langkah edukasi untuk mencegah penularan Covid-19.
Febriyanti Indrasari (kanan) menyerahkan poster kepada Amilatun Nadhifah salah satu warga Jalan Berlian (Firdausi Nuzula/PWMU.CO)

PWMU.COBerlian School edukasi warga dengan bagikan poster langkah cuci tangan yang benar, Kamis (19/3/2020). Ini langkah edukasi untuk mencegah penularan Covid-19.

Poster berjudul ‘Jaga Diri dan Keluarga dari Virus Corona dengan Mencuci Tangan yang Benar’ itu berisi ilustrasi mencuci tangan. Ada lima ilustrasi mencui tangan yang ditampilkan.

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School), Mochammad Nor Qomari menyampaikan pentingnya berbagi pengetahuan dan mengedukasi warga sekitar sekolah agar bisa mencuci tangan dengan benar.

“Selain membagikan poster cara mencuci tangan yang benar, sekolah juga sudah lebih dulu memasang baliho di gerbang depan perumahan PPS,” ucapnya.

Ustadz Ari, sapaan akrabnya, mengatakan perihal wabah Virus Corona. Menurutnya Berlian School akan terus mengupayakan penularan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat lingkungan sekolah.

“Setelah membagikan poster di lingkungan RT/RW setempat atau sekitar 120 rumah, target selanjutnya sekolah akan membagikan poster ke pedagang dan pembeli di pasar PPS (Pondok Permata Suci),” jelasnya.

Dia menambahkan apa yang dilakukan Berlian School saat ini merupakan ikhtiar dalam menjalankan amanah sekolah sehat nasional.

Sementara itu, Cahaya Rhea, salah satu warga di Jalan Berlian PPS, mengatakan dirinya merasa bersyukur atas perhatian yang diberikan sekolah di tengah wabah Corona saat ini.

“Insyaallah bermanfaat di rumah, anak-anak juga senang saat dari luar rumah bisa melihat panduan langsung langkah cuci tangan,” tambahnya.

Amilatun Nadhifah, salah satu warga RT 03 Jalan Berlian, juga mengungkapkan terima kasihnya kepada sekolah atas kepedulian terhadap warga dan lingkungan sekitar.

“Bersama sekolah, harapannya warga bisa menerapkan budaya cuci tangan yang benar dan membiasakan hidup sehat dan bersih di rumah,” katanya.

Ibu tiga anak itu berharap semoga seluruh warga senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT serta terhindar dari Virus Corona.

Upa Berlian School edukasi warga ini semoga bermanfaat! (*)

Penulis Firdausi Nuzula. Editor Mohammad Nurfatoni.

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Sabtu21 Maeret 2020)

Sumber: pwmu.co