Category Archives: Kegiatan IKWAM

KIP: “Kasih Ibu, Bagai Sang Surya Menyinari Dunia”

BerLIAN School – “Nak.., Engkau anak yang jenius, sekolah belum cukup baik untuk mendidik anak yang hebat seperti kamu. Mulai saat ini ibu yang akan mendidik kamu”.  Itulah sepenggal kalimat yang keluar dari lisan seorang ibu hebat kepada anaknya. Seorang ibu yang sangat memahami perasaan anaknya, mengasihi dan menyayanginya sepenuh hati. Disaat anaknya dicemooh temannya karena dianggap anak idiot. Siapa lagi kalau bukan Si Thomas Alfa Edison dan Ibundanya.

Saat itulah ibunya mengambil peran yang sangat besar dalam kehidupan Alfa untuk mengantarkan anaknya menjadi penemu besar dunia. Penemu bola lampu.

“Kalimat di atas merupakan ungkapan seorang ibu yang tidak ingin melihat mental anaknya jatuh karena keterbatasan yang ada pada anaknya” Kata Ustadz Munahar S. HI. C.STMI dari Griya Parenting dalam acara Kajian Islamic Parenting (KIP).

KIP merupakan kerja sama sinergis antara  SD Muhammadiyah 2 GKB dengan IKWAM SD Muhammadiyah 2 GKB. Dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018 di Aula BerLIAN School. Acara ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan parenting kepada wali siswa kelas 6.

Kajian yang bertema ” Kasih ibu, bagai sang surya menyinari dunia” dibuka oleh Ustadz Syayid Suhur, M. PdI selaku wakil kepala sekolah bidang umum. Dalam sambutannya dia menyampaikan“Didiklah anakmu sesuai zamannya”. Maknanya sebagai orang tua, kita harus bisa memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman dalam mendidik anak.

WhatsApp Image 2018-10-20 at 13.31.26

Satu hal penting yang menjadi pesan ustadz munahar kepada wali siswa yang hadir. Seringlah membelai daerah pre frontal cortex otak (daerah ubun-ubun sampai dahi) anak, ini akan memberikan dampak kedekatan  orang tua dan anak. Daerah tersebut akan memberikan kemampuan pengendalian diri pada anak dalam bersikap dan bertindak.

WhatsApp Image 2018-10-20 at 12.20.02

Sebagai penutup dalam penyampaian ustadz Munahar, beliau memberikan 5 tips agar pre frontal cortex otak anak berkembang baik yaitu:

  1. Ajarilah banyak bersujud. Artinya sebagai muslim kita diajarkan sholat 5 waktu dan sholat tahajud sebagai tambahan supaya bagian otak tersebut berkembang baik karena darah akan tersuplai ke otak.
  2. Ajari membaca Al-Quran. Bacaan Alquran akan mencerdaskan otak dan akan melembutkan hatinya.
  3. Ajari berpuasa. Berpuasa akan meningkatkan kesehatan tubuh dan otak.
  4. Ajari Bersedekah. Senyum adalah sedekah paling murah. Senyum akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh.
  5. Do’a kedua orang tua. Do’a orang tua adalah pembuka pintu keberhasilan anak-anak kita.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan yang sangat positif dari ketua IKWAM BerLIAN School yaitu bunda Rafan, wali siswa kelas 6 Ali. Bunda Altaf pun menyampaikan.” Ini adalah pengalaman yang sangat berharga dalam mendidik anak di rumah.”(admvic).

WhatsApp Image 2018-10-20 at 13.31.13