SD Muhammadiyah GKB 2 -Sekolahku Surgaku
Para guru dan karyawan BerLIAN School
BerLIAN School Siap Mendunia
Juara siswa
Parenting Ayah

Category Archives: IKWAM

Berlian School Belajar Healty Food

Berlian School belajar healty food ke Toko Rengganis dalam program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) bersinergi dengan program kemahiran hidup, Selasa (25/8/20).
Berlian School Belajar Healty Food. Proses pembuatan jamu di Toko Renggans. (Muhammad Hariyadi/PWMU.CO)

PWMU.CO – Berlian School belajar healty food ke Toko Rengganis dalam program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) bersinergi dengan program Kemahiran Hidup, Selasa (25/8/20).

SD Muhammadiyah 2 (Berlian School) GKB Gresik mengunjungi Toko Rengganis yang merupakan toko rempah-rempah di Gresik. Rempah-rempah khas Indonesia terkenal sejak dulu karena manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk campuran masakan, rempah juga baik untuk meningkatkan imun tubuh.

“Harapan kami siswa kita banyak mengenal kekayaan alam sebagai kearifan lokal dan menjadikannya sebagai sarana ber-entrepreneur di masa mendatang,” ujarnya.

Dia menjelaskan berbagai rempah-rempah yang dijual di Toko Rengganis itu bisa diolah menjadi berbagai produk minuman atau jejamuan yang bisa bernilai komodoti tinggi.

Kalau, lanjutnya, siswa bisa mulai mengasah dan membuka wawasan entrepreneur-nya, insyaa Allah mereka akan menjadi pengusaha-pengusaha sukses masa depan yang bisa memperkerjakan banyak orang di sekitarnya dengan tetap mengunggulkan kearifan lokal hasil alam.

Berkhasiat Cegak Penyakit

Pemilik Toko Renganis Tatik Erawati mengungkapkan tidak hanya satu jenis rempah. Ramuan tradisional dari rempah-rempah bisa menggabungkan lebih dari satu jenis. Ramuan ini sangat aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami.  

“Rempah-rempah kerap diandalkan sebagai pencegahan berbagai jenis penyakit. Salah satunya untuk meningkatkan imun daya tahan tubuh dan aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan,” ujarnya.

Menurut Budhe Tatik, sapaan akrabnya, ada berbagai jenis rempah-rempah. Ada berbagai macam jenis rempah-rempah yang tidak haya bisa dijadikan sebagai bahan makanan tetapi juga dapat digunakan sebagai minuman, jamu, ataupun bahan campuran untuk membuat kue.

Salah satu ramuan yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sambungnya, terdiri dari campuran temulawak, sereh, kayu rilpang, jahe, dan kunyit dengan kadar komposisi tertentu agar tercipta rasa khas dari jamu Rengganis.

Tips Membuat Jamu

Bude Tatik menjelaskan langkah-langkah membuat jamu. Pertama, bersihkan semua bahan, iris kecil bahan-bahan jamu sesuai kebutuhan, masukan air ke dalam kendil sesuaikan dengan ukuran.

“Rebus semua bahan, aduk pelan hingga mendidih. Setelah mendidih saring air rebusan ke dalam gelas. Tunggu hingga jamu menjadi hangat,” tuturnya.

Sebisa mungkin, menurutnya, ketika merebus rempah-rembah tidak mengunakan panci supaya khasiatnya lebih terasa sebisa mungkin rempah-rempah direbus mengunakan kendil.

“Kepada warga sekolah khususnya dan semua orang pada umumnya agar mengkonsumsi jamu-jamu alami. Ayo kita bersama-sama menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan dengan cara mengonsumsi minuman berbahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,” pesannya. (*)

Penulis Fiska Puspa Dwi Arinda. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

(artikel ini telah diterbitkan pwmu.co pada Kamis 27 Agustus 2020)

Sumber: pwmu.co