Kader Tiwisada Berlian School saat menyambut tamu dari Pemprov Kalimantan Utara (Vilda Rima/PWMU)

Pemprov Kaltara ke Berlian School, Ini yang Dipelajari, liputan Viki Safitri kontributor PWMU.CO Gresik.

PWMU.CO – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) mengunjungi SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik, Kamis (2/5/2022).

Kunjungan Kerja Studi Pembelajaran Pengelolaan UKS ke Berlian School ini merupakan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemprov Jatim merekomendasikan Berlian School sebagai tujuan kunjungan, karenamerupakan Sekolah Sehat Nasional.

Kunjungan ini diikuti oleh 50 orang yang dipimpin oleh H Selamet Riyadi, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Kaltara, sebagai ketua rombongan.

Tak hanya itu, kunjungan ini juga dihadiri oleh Dewi Ratih, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dara Kyeti (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur), Erma Firdiana (Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, dr Shinta Puspitasari (Kepala Puskesmas Sukomulyo), dan Nur Bayanah (Pengawas Kementerian Agama Gresik).

Disambut oleh Kader Tiwisada

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di Berlian School. Kedatangan mereka disambut meriah dengan yel-yel UKS yang dibawakan oleh Kader Tiwisada. Setelah melakuakan cek suhu dan mencuci tangan, rombongan diajak berkeliling oleh Safira Nova, siswa kelas VI Everest. Safira menjelaskan setiap sudut sekolah dan prestasi apa saja yang pernah diraih oleh Berlian School sebagai Sekolah Sehat Nasional.

Safira menjelaskan untuk menjadi Sekolah Sehat Nasional tidaklah instan. Dimulai dengan menjuarai Lomba Sekolah Sehat tingkat kecamatan, kemudian lolos di tingkat kabupaten, dan berlanjut ke tingkat provinsi hingga pada akhirnya berhasil menjadi juara II Sekolah Sehat Nasional.

Setelah berkeliling gedung baru Berlian School, Safira mempersilakan tamu menuju aula untuk mengikuti penyampaian materi ‘Praktik Sekolah Sehat’.

H Selamet Riyadi, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Kaltara (kiri) bersama Fauzuddin Ahmad, Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB (kanan) saat berkeliling sekolah (Vilda Rima/PWMU).

Tertarik Kumbung Jamur Berlian School

Kunjungan Pemprov Kaltara ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan UKS di Sekolah Sehat Nasional.

“Kami ini kan anak bungsu (Kalimantan Utara), jadi tujuan kami datang kesini adalah untuk belajar kepada kakak yang lebih tua, yaitu Jawa Timur,” tutur H Selamet Riyadi saat menyampaikan sambutan.

Tak hanya itu, Selamet juga penasaran dengan kumbung jamur tiram yang dimiliki oleh Berlian School.

“Tadi saat saya sarapan di hotel, ada menu jamur krispi. Saya berpikir apa jangan-jangan ini jamurnya dipanen dari Berlian School,” kata Selamet sambil bercanda.

Di akhir sambutannya, ia berharap melalui kunjungan ini ada banyak hal baru yang bisa didapat dan diterapkan di sekolah-sekolah Kalimantan Utara. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News