Foto bersama sebagian peserta yang hadir di akhir acara (Istimewa/PWMU.CO)

Kekeluargaan Warnai Milad dan Halalbihalal Berlian; Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Sayyidah Nuriyah.

PWMU.CO – Senin (9/5/22) merupakan hari spesial bagi keluarga besar SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik. Usianya genap 13 tahun.

Nuansa kekeluargaan akrab mewarnai Silaturahim dan Milad Berlian School (Smile) bertema Shining 13rightly (Brightly). Kegiatan berlangsung hybrid di Aula Berlian. Sementara itu, para siswa dengan didampingi ayah dan bundanya antusias menyimak live streaming Zoom dan Youtube.

Sejam sebelum acara berlangsung, sebagian ustadzah yang kompak berjubah hitam dan berkerudung pink itu berjajar menyebar di beberapa titik halaman sekolah. Mereka menyambut kehadiran Ikatan Wali Murid (Ikwam) dan tamu undangan, kemudian mengarahkan ke lokasi pusat acara: Aula Berlian.

Tamu undangan—siswa maupun wali siswa—yang mengikuti tatap muka ini khusus para penerima penghargaan. Namun, ini bagian dari kejutan. Sebelumnya mereka tak tahu kehadirannya di sana sebab telah terpilih menjadi juara.

Dalam silaturahim itu, Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad SPd mengungkap syukur atas capaian usia Berlian School. “Mudah-mudahan terus memberikan yang terbaik, memberikan layanan prima, mendidik anak Bapak Ibu menjadi anak shalih,” harapnya.

Suasana semakin tenang kala Ahmad menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas nama pribadi, pimpinan sekolah, wali kelas, dan guru pengajar.

“Apabila dalam mendidik anak ibu ada kesalahan, ada sesuatu yang menyentuh hati bapak ibu (membuat) kurang berkenan, mohon dimaafkan mumpung ini masih Syawal,” ujarnya. “Dari hati yang paling dalam kita saling memaafkan, mengikhlaskan,” ajaknya.

Keseruan Penampilan Siswa

Pembacaan doa oleh Ustadz Muhammad Hariyadi MPd memgawali kegiatan di pagi yang cerah berawan itu. Kemudian, Alika Mayla Faza kelas IV al-Kindi melantunkan ar-Rahman dengan bacaan indahnya. Kemudian, seisi ruangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya dengan dipandu Intan Lailatul Farikhah.

Penampilan Azzalea Ramadhani Fadilah Tanjung V Ahmad Dahlan menambah keseruan pagi itu. Siswi yang mengikuti OST Musik dan pernah meraih juara I lomba menyanyi tingkat nasional itu menyanyikan Minal Aidin Wal Faizin dengan ceria dalam balutan busana hitam dan kerudung merahnya.

Acara semakin seru dengan penampilan Azzalea Ramadhani Fadilah Tanjung bersama Andini Dea Anandita kelas IV al-Farabi dan Intan Lailatul Farihah III Korea Selatan. Mereka membawakan kado milad yang istimewa, yaitu theme song terbaru berjudul ‘Bintang Literasi’.

Penyerahan hadiah kepada juara Lomba Zona Literasi. Kekeluargaan Warnai Milad dan Halalbihalal Berlian (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Pengumuman Juara

Kemudian, sampailah rangkaian acara pagi itu pada momen yang paling dinanti-nanti para siswa maupun wali siswa, yaitu pengumuman juara lomba. Yang pertama, lomba membaca nyaring dan photo contest untuk siswa.

Di tengah latar musik yang menderu, hadirin menyaksikan bersama nominasi peserta terpilih pada setiap kelas. Usai duo MC Mamluqil Farihah SPd dan Viki Safitri SPd mengumumkan satu per satu juaranya, para juara naik ke panggung dan berfoto bersama. Senyum lebar tampak di wajah mereka.

Setelah itu, giliran MC membacakan pengumuman pemenang lomba zona literasi yang diikuti wali siswa. Sebelum juara diumumkan, mereka menyaksikan video kaleidoskop zona literasi.

Tampaklah potret perjuangan wali siswa bahu-membahu membangun Pojok Baca di kelas anaknya. Hingga tampak pula berbagai potret keindahan Pojok Baca sulapan mereka. Maka, tawa dan haru terpancar dari sorot mata bunda-bunda Ikwam yang hadir di sana.

Silaturahim Akrab

Akhirnya, ucapan selamat milad dari Ikatan Wali Murid Berlian School menutup Milad di Aula Berlian dan siaran daring. Kemudian seluruh guru, karyawan, Ikwam, dan para undangan saling bersalaman.

Percakapan akrab dan hangat pun mewarnai ramah-tamah di Kantin Bintang Berlian. Sambil menikmati bakso hangat dan nasi pincuk campur-urap, keluarga besar Berlian School itu memecah kangen selepas pandemi dan mudik lebaran.

Rangkaian acara sejak pramilad hingga siang itu terlaksana lancar berkat dukungan berbagai pihak. Di antaranya sponsorship dari UD Madinah, Elfa Jaya, Griya Konveksi Ayumi dan Zafira, dan Dapur Kak Wulan. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News