Juri Ichwan Arif (kanan) sedang meninjau Pojok Baca di salah satu kelas Berlian School. (Istimewa/PWMU.CO)

Jaga Budaya Literasi, Berlian School Aktifkan Zona Literasi, Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Fatma Hajar Islamiyah.

PWMU.CO – Dalam kompetisi, tentu harus menjunjung tinggi transparansi dan keadilan dalam penilaian. Sebagaimana pesan Fauzuddin Ahmad SPd—Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School)—pada Opening Ceremony Penjurian Lomba Zona Literasi, Selasa (19/4/22).

Ahmad—sapaan akrabnya—menyatakan, “Kita semua fair, kita semua jujur. Kalau bisa nanti Korlasnya tidak boleh dekat-dekat dengan juri supaya penilaian tetap bersifat independen,” tuturnya.

Sebelumnya, dia mengucap terima kasih kepada Ikwam, korlas, dan seluruh wali siswa. “Yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan Lomba Zona Literasi ini dengan meluangkan waktu, tenaga, dan banyak hal untuk mendukung kegiatan ini,” ucapnya di Aula Berlian.

Ia juga menjelaskan, literasi menjadi identitas sekolah dan selaras dengan surat al-Quran yang kali pertama diturunkan. “Pentingnya menjaga budaya literasi ini harus dikuatkan. Karena perintah Allah jelas dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai dengan 5,” ungkapnya.

Sejalan dengan pesan tersebut, salah satu juri Nency Septriyana SKM yang mengelola Perpustakaan Rumah Pelangi pun mengingatkan, “PRnya adalah melanjutkan semangat lomba ini dengan kegiatan literasi lainnya di tiap kelas agar tidak berhenti sampai di sini!”

Ketua Ikatan Wali Murid (Ikwam) Berlian School Amilatun Nadhifa (Istimewa/PWMU.CO)

Aktifkan dan Jaga

Ketua Ikatan Wali Murid (Ikwam) Berlian School Amilatun Nadhifa juga menguatkan hal yang sama pada sambutannya. Ia menekankan agar realisasi Zona Literasi ini tidak boleh berhenti sampai proses penjurian, tetapi harus benar-benar dimanfaatkan dan dijaga.

“Harapannya, pojok baca ini diaktifkan dan dijaga. Diberi piket untuk anak-anak agar terjaga kegemaran membaca dan kebersihannya,” pesan wali siswa kelas II An-Naml itu.

Ungkapan terima kasih juga dia sampaikan atas kolaborasi yang sangat baik oleh Divisi Pendidikan Ikwam dengan Koordinator Kelas (Korlas) dalam menyemarakkan lomba menjelang Milad Berlian School yang ke-13.

“Koordinator kelas telah bersusah payah pagi, siang, malam dan bersemangat 100 persen untuk menjadikan kelas masing-masing menjadi kelas yang terbaik. Sampai ada yang mengepel, mengecat. Luar biasa!” tuturnya mengapresiasi.

Pengumuman juara lomba Zona Literasi akan disampaikan pada acara puncak milad SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik. Yaitu pada 19 April 2022 mendatang. Jadi, kesempatan selanjutnya adalah menjaga kebermanfaatan zona literasi dan berdoa untuk menjadi juara. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News