Kompak, ayah bunda ini datang untuk melakukan konsultasi belajar bersama wali kelas Agnes Yulitasari, SPd (Vilda/PWMU.CO)

Momentum Curhat di Program Konsultasi Belajar Berlian, liputan Anita Firlyando, kontributor PWMU.CO Gresik.

PWMU.CO – Wali siswa kelas I-VI SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik mengikuti Program Konsultasi Belajar pada penilaian tengah semester (PTS) II tahun pelajaran 2021-2022, Sabtu (16/04/22). Kegiatan serentak dilakukan di masing-masing kelas bersama wali kelas.

Dilaksanakan dengan prokes, konsultasi belajar berjalan dengan lancar. Untuk menghindari penumpukan wali siswa yang datang tiap kelasnya, sekolah mengatur kedatangan walis iswa menjadi tiga gelombang.

Gelombang pertama pukul 07.30-08.30 bagi siswa absen nomor 1-10; gelombang kedua pukul 08.30-09.30 bagi siswa absen nomor 11-20 dan gelombang terakhir pukul 09.30-10.30 bagi siswa absen nomor 21-30.

Program Konsultasi Belajar secara rutin dilakukan pada pertengahan semester setelah pelaksanaan PTS. Setiap wali siswa akan menerima laporan hasil belajar anaknya selama tengah semester ini. Dalam laporan hasil belajar tersebut, tidak hanya berupa nilai capaian masing-masing pelajaran, namun juga wali siswa mendapat laporan capaian target hafalan di level kelas putra-putrinya.

Tempat Curhat Orangtua

Di momen ini, wali siswa juga diberikan kesempatan untuk curhat kepada wali kelas yang setiap harinya mengetahui perkembangan setiap siswa di sekolah.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Pengembangan Pendidikan Farikhah SPd, konsultasi yang dilakukan dengan wali kelas ini seputar perkembangan siswa dalam hal belajar, sikap, dan hafalan. “Konsultasi belajar sebagai salah satu media komunikasi antara sekolah dengan walisiswa terkait perkembangan belajar siswa,” ujarnya.

Hal ini, sambungnya, bertujuan untuk sharing perkembangan kognitif, sikap, dan hafalan siswa agar terdapat komunikasi yang sinkron antara apa yang dilakukan sekolah dan dukungan wali siswa di rumah untuk kesuksesan anak didik.

Kepada kontributor PWMU.CO, Wali Kelas III Korsel, Riva Faizati SSi, mengaku bersyukur pengambilan rapot sisipan hari ini berjalan dengan lancar dan sukses. Meskipun ada beberapa walisiswa yang belum bisa mengambil laporan hasil belajar  karena masih ada beberapa keperluan di rumah.

”Alhamdulillah saya bersyukur dan senang sekaligus lega karena sudah menyampaikan hasil pembelajaran ke wali siswa secara langsung  setelah pembelajaran tengah semester II,” ungkapnya.

Hampir sama yang dirasakan Riva, Wali Kelas IV Al Farabi, Agens Yulitasari SPd, mengatakan konsultasi belajar berjalan dengan baik. Menurutnya, program konsultasi belajar ini selain sebagai sarana komunikasi antara wali siswa dengan wali kelas, juga kesempatan walis iswa untuk dapat menyampaikan saran-saran yang membangun kepada sekolah. Para wali kelas mencatat apabila terdapat saran dari wali siswa.

Riva Faizati SSi saat menjelaskan hasil laporan belajar kepada wali siswa (Vilda/PWMU.CO)

Hadir Lengkap

Ketika mengambil laporan hasil belajar di tengah semester kedua ini, tidak sedikit wali siswa yang hadir lengkap, yaitu ayah dan bunda. Beberapa wali siswa juga ada yang mengajak putra-putrinya turut serta konsultasi dengan sang wali kelas.

Wafiq Amiqoh MPd, salah satu guru sekaligus wali siswa Ahmad Hisyam Zayyan Muammar Kelas I ar-Rahman, mengaku momen konsultasi belajar sangat bermanfaat. “Alhamdulillah, bisa mengetahui kemampuan ananda yang perlu ditingkatkan dan yang perlu dimaksimalkan,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, tim dari Pusat Layanan Psikologi dan Konseling (PLPK) mengadakan sosialisasi hasil tes minat dan bakat yang telah dilakukan sebelumnya khusus pada siswa kelas IV.

Acara yang digelar di Aula Berlian ini dihadiri wali siswa kelas IV yang sebelumnya mendaftarkan putra-putrinya untuk mengikuti tes minat dan bakat oleh PLPK.

Di sosialisi ini, orangtua diberikan arahan seputar psikologi anak dan bagaimana cara memahami hasil test secara utuh. Setelah mengikuti sosialisasi, wali siswa tersebut menuju kelas putra putrinya untuk konsultasi belajar dengan wali kelas. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News