Siswi Berlian School Azzalea Rahmadhani bernyanyi di panggung Smamio (Anita Firlyando/PWMU.CO)

Andalan Berlian School, Suara Merdu Azzalea Dikira Hasil Rekaman; Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Novia Qurrati A’yunina.

PWMU.CO – Gemuruh tepuk tangan penonton dari siswa maupun guru SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) dan SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) meriah ketika Azzalea Ramadhani Fadilah Tanjung kelas V Ahmad Dahlan menyanyi.

Penampilannya mampu memanjakan telinga para penonton yang duduk santai melepas penat seusai pawai berkeliling PPS dalam Tarhib Ramadhan 1443. Hiruk-pikuk di sana menciptakan kemeriahan yang hangat.

Dalam kesempatan itu, ada penampilan menyanyi lagu Islami yang Azel—sapaan akrabnya—bawakan. Suara merdunya sukses bikin merinding para pendengar yang hadir di halaman Smamio pagi itu (31/3/22).

Bahkan, salah satu guru Maratus Sholihah SPdI mengira yang terdengar ialah hasil rekaman dan gerakan bibir semata. “Itu suara kaset ta beneran?” celetuk guru yang akrab disapa Eka. Dia tak menyangka siswa yang kerap disapa Azel itu bisa menyanyi sangat merdu.

Kepada PWMU.CO, Azel mengaku senang dan merasa sedikit gugup di awal bernyanyi. Sebab, tidak hanya teman dari Berlian School yang fokus menontonnya, tapi juga kakak-kakak dari Smamio.

Penyanyi Andalan Berlian

Perempuan yang sangat ngefans dengan para penyanyi wanita jebolan Indonesia Idol–seperti Lyodra, Tiara, Ziva, Mahalini, dan Anneth—itu mengaku tak butuh waktu lama untuk berlatih.

“Siangnya dapat info, terus pilih-pilih lagu sama Ustadzah Ima, lanjut latihan sampai malam sama Abi dan Mama,” terangnya (14/3/22). Sebab, abinya pernah menjadi anak band yang bisa memainkan beragam alat musik.

Azel memang sering jadi andalan mewakili Berlian School tampil di berbagai kesempatan. Sebelumnya, dia juga tampil di Tarhib Ramadhan Spemdalas dan SD Mugeb (25/3/22).

Begitupula saat ada kegiatan di Berlian School. Penampilan dan suara emas Azel tak luput dari sorotan panggung. Misalnya, saat Gerakan Sedekah Buku (12/4/22) dan Farewell Party Last Day of Preschool (25/3/22).

Siswa yang rajin les vokal di Purwacarakan itu memilih menyanyikan lagu berjudul Untuk Tuhan dan Guruku Tersayang. Jadi penyanyi andalan di berbagai kesempatan, Azel menyatakan, “Kaget awalnya, tapi ya bersyukur, Alhamdulillah!”

Siswi Berlian School Azzalea Rahmadhani menunjukkan suara merdunya (Novia Qurrati A’yunina/PWMU.CO)

Tampilan Tarjim

Di panggung Smamio itu, sebelumnya ada penampilan tarjim al-Falaq yang antusias dibawakan oleh sepuluh siswa kelas II Berlian School. Mereka kompak memakai setelan busana Muslim berwarna putih.

Usai salah satu dari mereka mengucap salam dan taawudz-basmalah, mereka langsung bersama-sama menggerakkan tangan mengiringi bacaan kata demi kata al-Falaq yang lantang terucap. Tangan-tangan mungil itu sangat luwes bergerak, hingga membuat beberapa siswa Berlian School lainnya yang menyimak di baris depan spontan menirukan.

Di antara siswa yang tampil, ada siswi kelas II an-Naml Keyla Dwi Maghfiroh, Hasna Mumtazah kelas II an-Nahl, dan Naila Anindita Nur Afriana dari II al-Jamal. Ketiganya semangat menyampaikan perasaan bisa ikut terpilih tampil di acara tarhib itu. “Senang!” ucap mereka serentak.

Karena berusaha menampilkan yang terbaik, dua hari sebelumnya, mereka berlatih secara mandiri. Keyla yang biasanya sudah lancar tarjim pun mengaku masih belajar lagi dari video yang wali kelasnya Zaitun Nailiyah SPsi berikan.

“Hanya dua hari latihan untuk tampil tarjim,” timpal Nur Saffanah Mumtazah kelas 2 an-Nahl.

Tak heran di waktu latihan mandiri yang singkat mereka bisa kompak tampil maksimal. Sebab, selama ini, tarjim menjadi bagian program pembiasaan di pagi hari sebelum memulai pelajaran. Terbuktilah pembiasaan karakter yang rutin sudah bisa melekat di benak mereka. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni/SN


Category: News