Siswa Berlian dan Smamio Ikuti Tarhib Ramadhan, liputan Anita Firlyando kontributor PWMU.CO Gresik
Pemberangkatan pawai Ramadhan (Anita Firlyando/PWMU.CO)

Siswa Berlian dan Smamio Ikuti Tarhib Ramadhan, liputan Anita Firlyando kontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) dan SMA Muhammadiyah 10 GKB  (Smamio) Gresik mengadakan Pawai Ramadhan,  Kamis (31/3/22).

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pra-Ramadhan dari agenda Ramadhan di Berlian School yang bertajuk Tarhib Ramadhan. Tarhib Ramadhan menjadi salah satu tradisi yang dilakukan di beberapa negara Islam dalam menyambut bulan Ramadhan.

Tarhib Ramadhan adalah tradisi yang dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan harapan besar. Sukacita tersebut tercermin dari keceriaan siswa Berlian School dan Smamio yang hadir di lapangan sekolah Berlian School dengan penuh semangat.

Mereka siswa kelas III-VI dan siswa kelas X-XI bersiap melakukan pawai Ramadhan mengelilingi jalan di perumahan PPS dengan membawa poster buatan anak-anak secara mandiri yang berisikan pesan-pesan tema Ramadhan.

Kompak dengan baju bernuansa putih, guru dan siswa melakukan pawai menyambut bulan suci Ramadhan. Sedangkan guru dipadukan dengan jilbab warna biru navi dan berpeci bagi guru putra. Dengan penuh semangat siswa berdatangan ke Berlian School mulai pukul setengah enam pagi. Pawai akan berjalan start dari lapangan Berlian School dan berakhir di Smamio.

Sambut Ramadhan

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik Muhammad DJufri BESos dalam sambutannya bersyukur melihat anak-anak sehat sehingga bisa berkumpul di Berlian School secara serentak.

“Kami atas nama Pimpinan Cabang Muhammadiyah GKB, sungguh sangat bahagia melihat anak-anakku sekalian sehat, sehat dan sehat seperti sesuai dengan sekolah kita adalah sekolah sehat. Untuk itu mari kita takbir, Allahu akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar!” serunya.

Lebih lanjut, Djufrie mengajak siswa Berlian school dan Smamio untuk menyambut Ramadhan ini dengan semangat. Dua juga mengingatkan kepada siswa untuk selalu menjaga kesehatan fisik, mental, finansial dan segalanya dalam menghadapi ramadhan yang sudah di depan mata.

“Mari kita buktikan bahwa kita siap menyambut datangnya bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Djufrie secara resmi memberangkatkan pawai ramadhan ini dengan membaca doa. “Bismillahitawakkaltu Alallahu, Laa haula walaa kuwwata illah billah,” ucapnya.

Muhammad Djufrie BESos memberangkatkan pawai Ramadhan (Anita Firlyando/PWMU.CO)

Gunakan 4 Jalur

Pawai yang dilakukan dimulai dari Berlian School dan finish di Smamio ini melalui 4 jalan yaitu jalur Jalan Berlian, Jalan Raya Permata Suci, Jalan Safir, Jalan Raya Mutiara setelah itu menuju Smamio.

Wakil kepala sekolah bidang Pembiasaan dan Pembinaan Karakter Berlian School Aditama SpdI sebagai ketua acara ini pun mengucap syukur karena acara Tarhib Ramadhan berjalan baik dan lancar.  “Acara ini bisa memotifasi siswa sekaligus menjadi syiar ke warga khususnya warga PPS,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan agenda ini adalah agenda sinergi empat sekolah di bawah naungan Majelis Dikdasmen PCM GKB yang dimotori oleh Mugeb Islamic Center (MIC).

Tarhib Ramadhan kali ini Berlian School bersinergi dengan Smamio karena sekolah terdekat di bawah Majelis Dikdasmen PCM GKB. Sebelumnya agenda kirab Ramadhan telah dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 GKB bersinergi dengan SMP Muhammadiyah 12 GKB.

“Harapannya agar anak dan guru serta masyarakat secara umum seluruhnya saja agar punya semangat yang sama dengan menyambut kehadiran Ramadhan dan bisa melaksanakan amalan di bulan Ramadhan dengan penuh khidmat, tujuan akhir agar menjadi hamba yang muttaqin,” tuturnya.

Berjalan Lancar

Koordinator lapangan acara pawai Rijalul Fikri SSi mengatakan acara tarhib Ramadhan berjalan lancar dan semarak.

“Anak-anak mengikuti acara dengan antusias dan suka cita. Mereka berjalan rapi, tertib dan khidmat diringi orasi dari siswa Smamio dalam menyambut bulan kemuliaan,” jelasnya.

Fikri terkesan ketika melihat reaksi warga yang menyaksikan pawai siswa dalam menyambut Ramadhan tahun ini. “Warga setempat juga banyak yang menyaksikan pawai siswa Berlian School dan Smamio sambil merekamnya dengan Gawai mereka,” ungkapnya.

Sesampai di Smamio mereka disambut Kepala Smamio Hari Widianto MPd. Siswa dihibur dengan penampilan siswa-siswi Berlian School dan Smamio. Disamping itu terdapat bazar dan gelar karya siswa berlian school dan Smamio. (*)


Category: News