Salah satu siswi Berlian School menjalani skrining kesehatan gigi. RSPG Edukasi dan Skrining Kesehatan Gigi Siswa Berlian (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO).

RSPG Edukasi dan Skrining Kesehatan Gigi Siswa Berlian, Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Sayyidah Nuriyah.

PWMU.CO – Tim Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) mengedukasi dan skrining kesehatan gigi siswa kelas III dan IV SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School), Rabu (30/3/22) pagi.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua gelombang di Aula Berlian School. Gelombang pertama untuk siswa kelas III, sedangkan gelombang berikutnya (berselang 15 menit) untuk siswa kelas IV.

Mulanya, drg Niken Probowati mengenalkan waktu menggosok gigi dalam sehari. Dia lantas memaparkan tips semangat menggosok gigi yang benar. Pertama, memilih sikat gigi favorit. Kedua, pakai pasta gigi berflouride. “Nggak boleh sikat gigi kumur-kumur pakai air saja,” tuturnya.

Baca Juga:  Dahnil Anzar: Simbol Berkemajuan Dihidupkan Berlian School

Praktik Gosok Phantom Gigi

Selanjutnya, drg Niken memberi tantangan kepada salah satu siswa. Yaitu berani maju dan praktik menggosok gigi pada phantom (model) gigi yang mereka sediakan.

Dengan semangat, Azka Aqila IV al-Battani yang duduk di barisan paling depan langsung mengangkat tangan dan maju. Dia praktik sambil menjelaskan cara menggosok gigi yang benar. Drg Niken pun mengapresiasi ketepatannya dalam menjelaskan.

Kemudian, didampingi perawat gigi Erlika, drg Niken mendemonstrasikan cara menggosok gigi yang benar dan lengkap. Yaitu dimulai dari gigi bagian luar. “Giginya dibuka sedikit, lalu gigi yang atas disikat dari atas ke bawah. Dari gusi ke gigi. Kayak bendera, dari warna merah ke putih,” terangnya.

Baca Juga:  Rahasia Aktivis Tuli Gresik Juara Lomba Baca Puisi Nasional

Sebaliknya, kalau gigi bawah, dia menganjurkan siswa menyikat dari bawah ke atas. “Kalau yang samping diputar-putar. Setelah bagian luar, jangan lupa bagian dalam. Dari dalam ke luar, sebelah kanan sama sebelah kiri. Begitupula dengan bagian atas,” imbuhnya.

Di akhir sesi edukasi, drg Niken menjawab pertanyaan Alika Mayla Faza dari IV al-Kindi tentang kapan perlu mengganti sikat gigi. “Minimal dua-tiga bulan sekali atau kalau sikat giginya sudah rusak. Kalau bulunya sudah keluar-keluar, njeprak-njeprak. Biar tidak melukai gusi,” terangnya.

Banyak Hadiah

Siswa Berlian School antusias menyimak edukasi interaktif itu. Ketika ada kesempatan bertanya atau menceritakan pengalaman, para siswa berebut angkat tangan. Melihat antusiasme ini, Tim RSPG mengapresiasi dengan membagi banyak buah tangan.

Baca Juga:  Analisa tentang Sombong yang Menyesatkan Masa Depan

Adalah Kahlil Gibran IV al-Farabi, Azka Aqila IV al-Battani, dan Alika Mayla Faza IV al-Kindi, tiga siswa teraktif yang beruntung mendapatkan sepaket buah tangan dari RSPG. Sedangkan dari kelas III, salah satunya yaitu siswi kelas III Korea Selatan Naida Alva Surya kirana.

Setelah siswa menerima penjelasan cara menggosok gigi yang benar, mereka bergantian satu per satu menuju bilik skrining kesehatan gigi. Di bilik itu, untuk mengapresiasi keberanian siswa, mereka kembali mendapat hadiah pensil warna-warni dengan beragam bentuk.
Azka Aqila (tengah) praktik menggosok phantom gigi dengan didampingi drg Niken Probowati (kiri) dan perawat gigi Erlika. RSPG Edukasi dan Skrining Kesehatan Gigi Siswa Berlian (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Skrining Kesehatan Gigi

Skrining kesehatan gigi berjalan sesuai prosedur taat protokol kesehatan. Drg Niken dengan telaten melihat adakah gigi berlubang di dalam mulut mereka. Jika tidak ada gigi yang berlubang, maka dia menuliskan keterangan gigi sehat di lembarnya.

Baca Juga:  Sosok Ini Antarkan Surabaya Jadi Sasaran Program Inovasi Muhammadiyah-Australia

Lembar laporan itu menunjukkan gambar gigi mana saja yang berlubang sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebenarnya siswa tidak hanya menerima hasil skrining, tapi terlampir pula surat pemberitahuan untuk orangtua. “Bahwa hari ini kami melakukan skrining kesehatan gigi,” terang Humas RSPG Fahrun Nisa Arsabani SKm.

Kerja Sama Sekolah Sehat

Tak hanya para siswa yang mendapatkan hadiah, Berlian School juga menyiapkan cenderamata spesial untuk RSPG. Koordinator Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Sekolah (K2S) Nur Hakiky SPd menyatakan sangat bersyukur kegiatan edukasi dan skrining kesehatan gigi anak hari ini berjalan lancar.

Baca Juga:  Pesan Mendalam Al-Alaq bagi Kepala Sekolah Muhammadiyah

“Edukasi kesehatan gigi pada anak sangat penting dilakukan sebagai upaya preventif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak,” ungkapnya.

“Kami SD Muhammadiyah 2 GKB mengucap terima kasih banyak kepada RSPG yang telah mengedukasi siswa kami untuk merawat gigi dengan baik,” tambahnya.

Dia lantas berharap, “Semoga RSPG semakin bersinar dan bermanfaat bagi masyarakat.”

Terkait Berlian School bagian dari sasaran program sosialisasi dan skrining kesehatan gigi anak dari RSPG, Fahrun Nisa Arsabani menyatakan, telah terjalin kerja sama dengan Berlian School yang merupakan Sekolah Sehat Nasional.

Baca Juga:  Tinjau Gelar Karya Diklat CKS, Saad Ibrahim Bongkar Nomor Sepatu

“Siapa sih yang nggak kenal SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik? Berlian School yang siswanya unggul, berprestasi. Senang bisa bekerja sama,” ucap perempuan yang akrab disapa Nisa itu. (*)


Category: News