Jawab Tantangan Bunda, Siswa Berlian Ini Juara News Anchor, laporan Sayyidah Nuriyah kontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO – Ungkapan bahagia lansung meluncur dari Ni’matul Ain, ibunda salah satu pemenang juara News Anchor Competition 2022 yang digelar SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School).

Ni’matul Ain mengucapkan, “Selamat ya, Dek. Terjawab sudah tantangannya. Alhamdulillah, good job!”

Ternyata, Naila punya kisah sukses sendiri. Sang bunda menceritakan, tahun kemarin Naila gagal karena kesalahan teknis. “Nggak paham kapan lombanya dan sistem perlombaannya seperti apa. Saya gak baca teknis perlombaannya,” ujarnya.

Tahun kemarin, sistem lombanya langsung lewat Zoom. Naila sempat menangis karena merasa tidak siap. “Saya pikir hanya materi saja sebagai bekal anak mencoba membawa berita. Ternyata, langsung di tes. Dia gelagapan. Pas di umumkan, dia kalah,” terangnya.

Karena penasaran, sambungnya, tahun ini Naila mencoba ikut lomba news anchor lagi. “Pas tahun ini ada lomba, saya tantang, mau ikut lagi gak? Lalu saya sampaikan teknis perlombaannya seperti apa. Alhamdulillah, tantangan dia terima.”

Dulu Bicaranya Pelan

Naila melewati persiapan selama 2-3 hari. Dia berlatih nada, artikulasi, hingga durasi penyampaian berita. “Kalau anaknya ada kemauan, biasanya semangat. Jadi saya hanya mengingatkan saja,” jelas Ni’matul Ain.

Bahkan, Naila sendiri yang menentukan kapan dia  mau rekaman video. “Dalam pengambilan video lebih dari sekali. Tapi memang kemauan dia, karena dia merasa gak bagus,” imbuh ibu yang aktif mendukung dan mengasah kemampuan anaknya itu.

Ni’matul Ain mengungkap, saat kelas I Naila memiliki masalah sosial. “Ananda kalau ngomong pelan. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai berubah. Lebih bisa menyampaikan pendapat dan tidak malu lagi,” kata dia.

Kini Naila  memang langganan menang lomba bercerita, story telling, membaca puisi, dan beberapa mata pelajaran.  “Semuanya online. Masih ada PR untuk mengasah di bagian offline. Masih fokus mengasah kepercayaan dirinya,” ungkapnya.

Kepada Naila, dia berpesan, “Nada, artikulasi, senyum, pengaturan napas. Semua butuh latihan! Jangan cepat puas, kenali, asah, lalu berikan yang terbaik. Sisanya bonus.”

Syuting Tengah Malam

Semangat ini tak hanya dimiliki sang juara, tapi juga seluruh peserta yang telah berupaya mengirimkan video penampilan terbaiknya. Salah satunya, Rey Rosyaila Roxanne Rosyadi.

Didin Rosyadi SKom—ayah Roxanne—mengisahkan perjuangan sang anak. Dini hari pukul 00.58 WIB, Didin mengatakan baru selesai syuting.

“Syuting tengah malam, efek nunggu bocils tidur dan kejar tayang besok harus sampai meja redaksi tvMu,” tulisannya di status, Rabu (9/3/22) tengah malam.

Ketika dikonfirmasi PWMU.CO, dia membenarkan Roxanne bersabar menunggu adik-adiknya tidur agar bisa memulai syuting. “Anaknya sudah ngantuk,” imbuhnya.

Meski demikian, Roxanne masih tampak segar di kamera dengan baju merahnya, layaknya pembaca berita profesional. “Dibedaki sedikit sama oles-oles sedikit lipstiknya mama,” ungkapnya.

Ternyata, beberapa hari sebelumnya, Roxanne berlatih dengan Nur Laila, ibunya, setiap ada kesempatan. “Habis menidurkan si baby lanjut menemani syuting,” terang Didin.

Salah satu koordinator penyelenggara kompetisi Fatma Hajar Islamiyah SPd mengungkap harapannya. “Anak-anak bisa memahami potensi dirinya yang bisa dieksplorasi dari kemampuan public speaking, tidak hanya pidato tapi juga bisa dimanfaatkan untuk keterampilan lain di masa depan,” terangnya.

Imbau Siapkan Diri

Sebelumnya, di ujung acara Guest Star News Anchor for Kids, Koordinator Kemahiran Hidup Fatma Hajar Islamiyah SPd mengumumkan pembukaan pendaftaran News Anchor Competition untuk siswa kelas I-VI Berlian School.

“Ini adalah lomba membaca berita, semua boleh ikut,” ujar perempuan yang akrab disapa Fatma, Jumat (4/3/22) pagi di ruang Zoom. Di sampingnya, hadir nara sumber News Anchor TVMU Jatim Stasiun Mugeb sekaligus guru Berlian School Nur Hakiky SPd.

“Ustadzah yakin, pasti anak-anak hebat Berlian School mampu mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari penampilan atau menata kepercayaan diri dulu,” imbaunya.

Dia lantas memaparkan tahapan mengikuti lomba. Pertama, mengisi dan mengirim tautan pendaftaran. “Unduh teks berita sesuai tema yang diinginkan,” tuturnya. Di dalam tautan itu sudah tercantum tiga naskah berita sekitar 150 kata yang bisa peserta pilih.

Ambil Kesempatan

Sehari sebelumnya, Sayyidah Nuriyah SPsi telah meracik tiga naskah berita sekolah yang telah dimuat di portal berita PWMU.CO. Yaitu Tampung Kreativitas Siswa, Ikwam Berlian Sulap Dinding Sekolah, Kreativitas Sate Jasuke Ceriakan Kelas Daring Berlian, dan Rekaman Berulang-kali Antar Siswi Berlian Juara Story Telling Tingkat Jatim.

Karena lombanya daring, maka siswa mengunggah videonya ke drive yang telah ditentukan. “Jadi anak-anak divideo ayah bunda di rumah, direkam, kemudian rekamannya diupload,” terang Fatma.

Video itu wajib memenuhi beberapa syarat. Yaitu berpakaian sopan, berdurasi 2-3 menit, video landscape, tampak penampilan peserta secara jelas, dan membacakan naskah berita yang telah sekolah siapkan.

“Jika telah datang kesempatan, ambillah! Karena belum tentu ia datang kembali esok hari,” imbaunya via Zoom yang disiarkan melalui YouTube Admin Berlian.

Penjurian

Fatma mengungkap, sebanyak 70 video siswa kelas I-V masuk ke meja juri, Rabu (9/3/22). Kemudian, video-video itu melewati dua tahap penjurian. Tiga juri telah ditentukan untuk masing-masing jenjang kelas I-II, III-IV, dan V-VI.

Penjurian tahap pertama, masing-masing juri memilih dua penampilan terbaik dari setiap jenjang kelas yang dia pegang. Tahap selanjutnya, ketiga juri itu berunding untuk menentukan satu news anchor terbaik dari setiap jenjang kelas.

Akhirnya, pada Jumat (11/3/22) siang, para juara diumumkan secara daring di Instagram @sdm2gkb. Berikut para juara News Anchor Competition 2022.

Pemenang dari jenjang kelas I Khaira Amanina Kusumo (1 al-Malik). Untuk jenjang kelas II, Fatin Kayyis Nurkamila Putri As (2 an-Nahl). Pemenang dari jenjang kelas III adalah Khansa An Na’ila (3 Qatar).

Sedangkan untuk jenjang kelas IV dijuarai Maleeka Fitria Azzahra (4 al-Jazari). Umaimah Mumtaz Rosyidah (5 Faqih Ustman) pemenang dari kelas V dan Shafira Nova Salsabila Rahman (6 Everest) pemenang dari kelas VI. Selamat! (*)


Category: News