Badut Bus Tayo ceriakan siswa Berlian selama proses vaksin (Sayyidah Nuriyah)

Bus Tayo dan 700 Susu Zee Ceriakan Vaksinasi di Berlian, Laporan Sayyidah Nuriyah, Kontributor PWMU.CO dari Gresik.

PWMU.CO – Tawa dan tangis pecah silih berganti di aula SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School). Di aula Sekolah Sehat Nasional itu, sedang berlangsung vaksinasi Sinovac dosis pertama untuk siswa kelas I, II, dan V, Kamis (20/1/2022).

Agar tempat vaksinasi tetap memenuhi protokol kesehatan, aula dibagi menjadi tiga area. Yaitu area screening kesehatan, vaksinasi, dan observasi. Untuk menyenangkan siswa dan membuat mereka nyaman memasuki ketiga area itu, balon warna-warni ditempel di sekeliling ruangan.

Bus Tayo

Selain itu, untuk mengatasi ketakutan para siswa, sekolah mendatangkan badut bus Tayo yang banyak digemari siswa kelas I dan II. Sesuai dugaan, ketika mereka menyadari muncul bus Tayo di belakang, wajah-wajah yang awalnya tegang menunggu antrean berubah ceria.

“Hey, Tayo! Hey, Tayo!” seru mereka riang menyapa sang ‘bus’ datang.

Waktu menunggu pun terasa cepat karena mereka sibuk berinteraksi dengan bus biru itu. Sebagian siswa dengan berat hati melambaikan tangan saat tiba giliran guru memanggil nama mereka untuk screening kesehatan.

Seiring siswa berpindah ke area vaksinasi, Tayo turut serta mendampingi. Ketika ada beberapa siswa yang menangis atau ingin kabur saat mau disuntik, Tayo sigap menggandeng tangannya.

Begitupula ketika satu demi satu siswa berpindah ke area observasi pascavaksin. Badut itu ikut duduk mendampingi dan siap diajak berfoto.

Bagi 700 Susu

Di samping itu, layar lebar menampilkan film animasi edukasi juga digelar di sana. “Agar para siswa tidak bosan menunggu. Kita perlu memastikan kondisi mereka tetap dalam keadaan baik setelah divaksin,” terang Kepala Berlian School Fauzuddin Ahmad SPd.

Meski sudah vaksinasi, lanjutnya, para siswa tetap diminta bermasker dan duduk di kursi yang berjarak. Usai vaksinasi, siswa langsung pulang untuk beristirahat.

Pada vaksin kali ini, masing-masing siswa mendapat permen susu dan susu Zee. “Sebagai apresiasi atas keberanian ikut vaksin, sekolah bekerja sama dengan Susu Zee membagikan 700 bungkus susu,” ungkap Ahmad.

Begitulah keseruan vaksinasi dosis pertama untuk siswa kelas I, II, dan V yang digelar bergantian di aula sejak pagi. Pada hari yang sama, vaksinasi dosis kedua juga digelar di Kantin Bintang Berlian untuk siswa kelas III, IV, dan VI. (*)


Category: News