Fauzuddin Ahmad SPd menyampaikan pesannya di hadapan siswa kelas V dan VI (Anita Firlyando/PWMU.CO)

Seru! Begini Siswa Berlian School Awali Semester Dua; Laporan Sayyidah Nuriyah, kontributor PWMU.CO dari Gresik.

PWMU.CO –  Pada hari pertama semester dua Senin-Selasa (3-4/1/2022) pagi, ada serangkaian seremoni pagi bagi siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School). Usai melakukan pembiasaan pagi di kelas masing-masing, mereka berbaris rapi di lapangan.

Tilawah al-Quran oleh Nayyara Aisha Al Fayyaza mengawali seremoni. Nayyara—panggilan akrab putri dari Rahardhian itu—meraih Bronze Award kategori Seni Baca al-Quran SD/MI pada ajang ME Awards 2021 Special Edition.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Khoiro Numsyah SPd menyatakan, seremoni itu memang menjadi kesempatan untuk mengenalkan sang juara dan mengapresiasinya dengan memberi kesempatan tampil di depan teman-teman.

Hal ini sejalan dengan pesan Kepala Sekolah Fauzuddin Ahmad SPd saat menyampaikan sambutannya. Dia mengajak para siswa agar meningkatkan semangat belajar dan prestasi di semester dua ini. “Semester baru, semangat baru!” seru Ahmad.

Seremoni pagi itu semakin semarak dengan penampilan Aria Jean kelas V Faqih Usman. Dia menampilkan aksi Tapak Suci Seni Tunggal dengan lincah.

Selanjutnya, diikuti Cleva Pradiva Putri Trissiyan kelas 4 al-Battani dan Prima Citra Kharisma Dewanti kelas 5 Faqih Usman. Kedua siswi itu meraih juara 2 pada 11th Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021.

Seremoni ditutup dengan peledakan confetti dan doa penutup majelis. “Selamat tahun baru, semester baru, dan semangat baru di tahun baru 2022!” tutup sang pembawa acara Mar’atus Sholihah SPdI.

Usai seremoni, siswa melakukan beragam kegiatan seru di dalam kelasnya masing-masing maupun di luar kelas bersama wali kelasnya.

Sebagian siswa kelas I menunjukkan pohon harapannya. Seru! Begini Siswa Berlian School Awali Semester Dua (Istimewa/PWMU.CO)

Indoor Activity

Di dalam kelas, wali kelas membimbing siswa menggambar Pohon Harapan dalam kegiatan bertajuk ‘Me and My Dreams’. Di pohon harapan itu siswa bebas menuliskan cita-cita dan berbagai keinginannya. Maka, satu per satu siswa menulis impiannya di sticky note yang telah disediakan.

Selanjutnya, wali kelas mengajak siswa membuat dan menyepakati kontrak belajar. Dalam kesempatan ‘Class Management Activity’ inilah tata tertib kembali disosialisasikan.

Misal, datang tepat waktu, duduk dengan tertib, berteman dengan semuanya, memakai seragam rapi, menjaga kerapian dan kebersihan kelas, hingga berkata jujur.

Ragam larangan juga disepakati. Seperti tidak berlari di dalam kelas, berbicara sendiri saat guru menerangkan, mencela, berbicara kasar, membawa mainan, dan keluar kelas tanpa izin. Tidak hanya bentuk pelanggaran, tapi juga konsekuensi masing-masing pelanggarannya.

Akhirnya, para siswa antusias membubuhkan nama dan tanda tangannya secara bergantian di lembar kesepakatan. Kemudian lembar tersebut ditempel di dinding kelas.

Outdoor Activity

Tak kalah seru, di luar kelas, para siswa bermain dan berolahraga. Tim guru kelas I mengajak siswa beraktivitas melompat dan memindahkan bola di paving literasi. Ketika ada teman yang maju, teman lain duduk berbaris di sekitarnya sambil memberi semangat.

Sedangkan tim guru kelas lainnya mendampingi para siswa berolahraga dan bermain permainan tradisional. Siswa kelas IV kompak bermain benteng-bentengan di lapangan.

Pada ‘Sport Day’ kali ini, para siswa berolahraga sesuai minat masing-masing. Di antaranya ada yang bermain lompat tali, bulu tangkis, sepak bola, dan basket. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

Siswa kelas I bermain di paving literasi Berlian School bersama wali kelas dan guru pendamping (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Category: News