Penampilan menyanyi siswa kelas II an-Naml (Istimewa/PWMU.CO)

Panen Siswa Berprestasi, Sekolah Ini Gelar Berlian Award 2021

PWMU.CO – SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) menggelar Berlian Award 2021. Yaitu ajang mengapresiasi para siswa berprestasi dan memberikan hadiah kepada pemenang lomba classmeeting.

Untuk menjaga protokol kesehatan, ajang ini digelar dalam tiga sesi di Aula Berlian, Kamis (23/12/2021). Sesi pertama untuk siswa kelas I dan II, sesi kedua untuk siswa kelas III dan IV, sedangkan sesi terakhir untuk siswa kelas V dan VI.

Selain mengapresiasi para juara, kegiatan ini dimeriahkan dengan beragam penampilan bakat siswa. Di antaranya menyanyi, tarjim, mendongeng, dan membaca puisi. Jadi beberapa hari menjelang hari-H, perwakilan siswa di setiap kelas berlatih dengan pendampingan wali kelas masing-masing.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Khoiro Numsyah SPd menyampaikan, “Sekolah memberi kesempatan dan mendorong anak-anak berani unjuk potensi dirinya. Alhamdulilah, wali kelas telaten dan semangat membantu mereka latihan.”

Apresiasi Siswa Berprestasi

Kepala Sekolah Berlian School Fauzuddin Ahmad SPd mengatakan, “Kegiatan ini sebagai apresiasi sekolah pada siswa-siswi yang sudah berprestasi selama enam bulan terakhir, mulai bulan Juli sampai Desember 2021”.

“Berbagai lomba telah siswa-siswi ikuti mulai dari akademik (sampai) pengembangan diri yang terdiri dari kesenian, olahraga, dan al-Islam. Siswa-siswi yang memiliki hafalan (tahfidz), membaca al-Quran dengan bagus, dan tarjim bisa mengikuti lomba di bidang Al-Islam,” ungkapnya.

Ustadz Ahmad—sapaan akbrabnya—memotivasi para siswa untuk tetap berprestasi. Siswa di jenjang kelas lebih tinggi memberikan teladan prestasi kepada adik kelasnya. “Ada siswa kelas 1 yang sering memenangkan lomba matematika tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional,” ujarnya.

Ahmad menyampaikan, ada dua syarat agar siswa bisa berprestasi. Pertama, tekun belajar dan berlatih. Ahmad mencontohkan Ronaldo yang berprestasi di bidang olahraga, khususnya sepak bola.

“Kesuksesan Ronaldo dimulai dengan sering berlatih sejak kecil, sehingga bisa menjadi pesepak bola tingkat dunia,” contohnya.

Kedua, menghormati guru atau pelatih. Ahmad berpesan agar para siswa dapat mendengarkan guru atau pelatihnya. “Ketika guru atau pelatih memberikan instruksi harus didengarkan!” tuturnya.

Ahmad mengucap terima kasih sebanyak-banyaknya atas prestasi yang telah ditorehkan. “Sukses untuk anak-anakku! Setiap anak unik dan memiliki bakat sendiri-sendiri, maka ikutilah ekstrakurikuler yang ada di sekolah!” ajaknya.

Dia menerangkan, ada lebih dari 20 ekstrakurikuler di Berlian School. “Silakan diikuti untuk mengembangkan minat dan bakat,” tutupnya.

Khoiro Numsyah SPd menyerahkan sertifikat dan medali kepada Tsabita Aqeela Mumtaz (Juara 2 baca puisi tingkat nasional) (Istimewa/PWMU.CO)

Panen Prestasi dan Siswa Berbakat

Berlian School panen empat siswa yang sangat menonjol pengembangan bakatnya dalam enam bulan terakhir. Berikut keempat siswa peraih penghargaan ‘Siswa Berbakat’ di Berlian Award 2021.

Pertama, Chiba Imansyah Utomo yang berbakat di bidang pengembangan diri kategori Tapak Suci. Kedua, Nayyara Aisha Al Fayyaza yang berbakat di bidang Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) kategori Qiro’ah. Di bidang akademik kategori olimpiade, ada Muhammad Baqir Ash Shadr dan Chivenigen Ceaser Cynglung.

Berikut prestasi di masing-masing jenjang kelas.

Kelas 1 dan 2

  1. Adeeva afsheen Myesha: Juara 1 Sains tingkat Nasional, Juara 1 Matematika tingkat Nasional, Juara Bahasa Inggris tingkat Nasional, Juara Umum mata pelajaran Matematika dan Sains tingkat Nasional, Juara 2 matematika level 1 tingkat nasional, Juara 3 Bahasa inggris level 1 tingkat nasional dan juara 2 sains level 1 tingkat nasional.
  2. Alrafaeyza Khairazzaky: Juara 1 Bahasa Inggris level 1 tingkat nasional
  3. Gamadi Alkan Taqi: Juara 2 Bahasa Inggris tingkat nasional dan Juara 2 Hafalan doa tingkat nasional.
  4. Manggala Parvaiz Tian: Juara 2 Baca Puisi tingkat Nasional, Juara 3 Bercerita tingkat provinsi, juara 2 bahasa Inggris level 1 tingkat nasional dan juara 1 bahasa Inggris tingkat nasional.
  5. Marcel Brilian Lazma: Juara 2 sains level 1 tingkat nasional dan juara 3 baca puisi tingkat nasional
  6. Muhammad Hafiz Rayhan Rahman: Silver award bidang ROC geometri 2 tingkat nasional
  7. Muhammad Zakir Maulana: Juara 1 baca puisi tingkat nasional dan juara 1 foto tingkat nasional.
  8. Nabilah Bilqis Naurah: juara 3 matematika level 1 tingkat nasional
  9. Rafif Farzana Maulana: juara 2 matematika level 1 tingkat nasional
Baca Juga:  Ingin Tahu Sejarah Gresik, Baca di Perpustakaan Berlian School

Kelas 3 dan 4

  1. Andini Dea Anindita: Excellent Vocal Award bidang menyanyi tingkat nasional
  2. Cleva Pradiva Putri Trissiyan: juara 2 Tapak Suci pada Airlangga Champhionship
  3. Joan Izyan Safaraz: juara 3 IPS level 2 tingkat nasional
  4. Maleeka Fitria Azzahra: Excellent Vocal Award bidang menyanyi tingkat nasional
  5. Aqila Askha Rizaldy: juara 2 bercerita tingkat provinsi
  6. Lajingga Ar Rayya Fatimah Alifa Ma’ruf: Juara 1 lomba mewarnai tingkat nasional dan juara 2 olimpiade PAI tingkat nasional
  7. Mikaela Arissa Azzahra: Juara Bahasa inggris level 2 tingkat nasional, juara 3 sains level 2 tingkat nasional dan juara 3 bahasa inggris level 1 tingkat nasional
  8. Muhammad Nur Ubaidillah: Juara 3 foro tingkat nasional, juara 1 foto tingkat nasional, juara 2 foto tingkat nasional dan juara 2 foto tingkat nasional
  9. Tsabita Aqeela Mumtaz: Juara 2 baca puisi tingkat nasional
  10. Zafira Azzalea Faiqa Ircham: Juara 3 mata pelajaran IPA level 2 tingkat nasional
Baca Juga:  Hikmah Merawat Hewan dan Tumbuhan
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad SPd menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba estafet spons (Istimewa/PWMU.CO)

Kelas 5 dan 6

  1. Azka Ramadhani Juniawan: Juara 1 dokter cilik tingkat provinsi
  2. Prima Citra Kharisma Dewanti: Juara 2 Tapak Suci Airlangga Champhionship
  3. Shafira Nova Salsabila Rahman: Juara 3 Menulis artikel sejarah kebencanaan tingkat nasional
  4. Raden Roro Nissa Anindya Widhitya Kurniawan: Juara 1 Poomase Taekwondo tingkat provinsi
  5. Dzaky Fayyadh Ahzalubaid: Juara 2 Olimpiade Bhs Arab tingkat nasional

Pemenang Lomba Classmeeting

Dalam ajang itu, juga diumumkan para pemenang Classmeeting 2021. Untuk lomba Estafet Spons, diambil satu juara di masing-masing jenjang kelas. Kelas I dimenangkan I Al Aziz, kelas II dimenangkan II an-Naml, dan kelas III dimenangkan III Qatar.

Baca Juga:  Belajar Trik Pemula Menang Catur

Untuk lomba Tarik Tambang Putra dimenangkan Kelas IV Al Battani dan kelas V Mas Mansyur. Sedangkan lomba tarik tambang putri dimenangkan IV al-Farabi dan V Ahmad Dahlan.

Untuk juara lomba Estafet Sarung Putra dimenangkan I Ar Rahman, II al- Fiil, dan III Singapura. Sedangkan lomba Estafet Sarung putri diraih I Ar Rahman, II Al Fiil, dan III Korsel.

Untuk juara lomba Berburu Harta Karun, diambil satu juara di masing-masing jenjang kelas. Pemenangnya adalah kelas IV Al Kindi, V Faqih Usman, dan VI Fuji.

Juara lomba Menyanyi disabet Safeeya dari kelas I Ar Rahman, Naila dari kelas II Al Jamal, dan Intan dari  kelas III Korsel. Sedangkan juara lomba Put Nail in The Bottle diraih kelas IV Al Battani, V Mas Mansyur, dan VI Bromo. Selamat!

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News , Sekolah Literasi