Azka Ramadhani Juniawan, Peraih Juara I Dokter Cilik (Istimewa/PWMU.CO)

Siswa Berlian School Raih Juara I Lomba Dokter Cilik, laporan kontributor PWMU.CO Sayyidah Nuriyah.

PWMU.CO – Siswa Berlian School Raih Juara I Lomba Dokter Cilik. Dialah Azka Ramadhani Juniawan, siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School).

Azka—sapaan akrabnya—akhirnya menerima penganugerahan juara pada Graduation Dokter Cilik Batch 2021 bertajuk “Be A Guidance!”, Sabtu (11/12/2021). Kebahagiaan terpancar jelas dari matanya yang tak lepas menatap layar Zoom di hadapannya.

Masih lekat di benak gadis periang itu, Sabtu (20/11/2021) siang dia bersama guru pembinanya Nur Hakiky SPd bersorak riang mendengar namanya diumumkan sebagai peraih juara I dalam ajang Cerdas Cermat Dokter Cilik.

“Saya sangat senang dan bangga bisa mengharumkan nama sekolah. Meski diadakan secara virtual, tapi saya selalu mengikuti materi-materi yang diberikan,” ungkapnya. Dia sukses bersaing dengan 60 peserta dari Kota Gresik, Sidoarjo, Malang, dan Surabaya.

Baca Juga:  Penyandang Disabilitas pun Ingin Pahala 27 Derajat

Siswa yang mengaku ingin jadi dokter beneran kalau sudah besar nanti itu mengungkap alasannya mengikuti ajang ini yaitu supaya lebih paham ilmu-ilmu di bidang kedokteran.

Azka Ramadhani Juniawan dalam pengumuman panitia (Istimewa/PWMU.CO)

Membanggakan

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad SPd tak dapat membendung perasaan bangganya. Dia menyatakan, “Suatu prestasi yang sangat membanggakan yang diraih ananda untuk orang tua dan sekolah!”

Ahmad—sapaan akrabnya—mendoakan, semoga kelak terwujud mimpi Azka menjadi dokter. “Tetap semangat dalam belajar dan mengukir prestasi!” imbuhnya.

Menurutnya, prestasi Azka membuktikan Sekolah Sehat Nasional yang Berlian School gaungkan selama ini bukan sebatas tagline, melainkan budaya yang telah diterapkan hingga siswanya memahami kesehatan.

Baca Juga:  Berlian School Diundang ke Jakarta Terima Juara LSS 2019

Sejalan dengan Ahmad, Suci Rahmawati menyatakan bersyukur atas capaian putrinya. Dalam prosesnya, dia selalu menyempatkan untuk membantu menyiapkan materi dan membimbing Azka belajar di rumah. “Mamanya ikut terjun, tapi yang pasti juga dibantu Ustadzah Kiky sebagai guru pendamping,” ungkapnya.

Dilansir dari Tribunjatim.com, kegiatan ini bertujuan anak-anak di beberapa wilayah Jatim menjadi Duta Informasi Kesehatan sekaligus support system utama yang menjaga semangat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya.

Azka Ramadhani Juniawan (kiri) dan Arya Bima Arrasyid mengikuti Graduation Dokter Cilik Batch 2021 (Istimewa/PWMU.CO)

Pelatihan Panjang

Azka tidak berjuang sendiri di ajang bergengsi itu. Siswa kelas V Arya Bima Arrasyid juga ikut serta. Mereka bersama-sama mengikuti serangkaian proses panjang program pelatihan Dokter Cilik Batch 2021 sejak Juli.

Program pembukaan yang dikemas harian Surya dan Tribun Jatim—bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Surabaya, Malang, Gresik—dalam “Festival Anak Hebat” itu digelar bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2021. Kemudian, mereka mengikuti Perkenalan Dokter Cilik 2021 pada awal bulan September.

Baca Juga:  Dua Siswa Berlian School Juarai Lomba Kader Tiwisada

Dua pertemuan daring berikutnya, mereka mendapat pemaparan materi bertopik kesehatan. Ada pembahasan “Anak Sehat, Indonesia Kuat” (11/11/21) dan berkenalan dengan karakteristik golongan darah (18/11/21). Setelah itu, mereka harus mengikuti Kompetisi DIY Jurnal Dokter Cilik (25/11/21).

Tak hanya itu, mereka wajib menyimak empat pemaparan materi lainnya. Yaitu menurunkan resiko penyakit jantung dengan susu (2/10/21), menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat (9/10/21), nutrisi pangan penunjang tumbuh kembang anak (16/10/21), dan mimpi menjadi dokter dimulai dengan menabung (23/10/21).

Ada pula tantangan membuat jurnal dan video Tiktok kreasi makanan sehat. Selanjutnya, ada kompetisi Cerdas Cermat pada November yang mengujikan pengetahuan umum dan materi selama pelatihan Dokter Cilik berlangsung. Pelatihan Dokter Cilik Batch 2021 ditutup dengan Graduation dan Awarding, Sabtu (11/12/21). (*)


Category: Fun Learning , News , Sekolah Sehat Nasional