JAVASATU-GRESIK- Untuk melepas penat usai mengikuti ujian akhir semester, SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) mengadakan classmeeting dengan tema ‘Desember Ceria’.

Diketahui, kegiatan ini pertama kali digelar sejak pandemi Covid-19 melanda dua tahun terkahir. Acara digelar secara tatap muka.

Classmeeting Desember Ceria merupakan acara rutin yang digelar usai Penilaian Akhir Semester dengan menghadirkan berbagai lomba untuk siswa siswi Berlian School mulai kelas I hingga VI selama tiga hari yaitu mulai Selasa (14/12/2021) hingga Kamis (16/12/2021).

(Foto: Istimewa)

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad, S.Pd mengatakan, diadakannya kegiatan ini agar siswa siswi nyaman dan gembira di sekolah.

“Selain itu, juga dapat mengembangkan potensi dan bakat minat yang dimiliki oleh anak” kata Fauzuddin Ahmad, Jumat (17/12/2021).

Dalam classmeeting desember ceria tahun 2021 ada 6 lomba yaitu, lomba estafet spons, estafet sarung, dan menyanyi untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI ada lomba tarik tambang, memasukkan paku ke botol, dan berburu harta karun.

(Foto: Istimewa)

Di hari pertama, sebagai pemanasan, pagi itu siswa-siswi kelas I hingga III senam bareng di lapangan. Senam tersebut menjadi senam pertama kalinya secara langsung.

Sementara untuk kelas IV dan V menyalakan kekompakan tim di kelas masing-masing dengan mengisi aneka teka-teki seperti memecahkan Teka-teki Berlian School. Beragam pertanyaan agar siswa menyadari kondisi lingkungan sekolah menggerakkan mereka untuk semangat bekerja sama dan berkomunikasi dengan warga sekolah. Misal bertanya ke satpam tentang nama burung yang dipelihara sekolah di dekat pos satpam.

Barulah setelah itu mereka bergegas berkumpul di halaman dan lapangan sekolah sesuai lomba yang diikuti. Ustadz Ustadzah panitia langsung mengarahkan siswa untuk duduk berbaris dengan berjarak di sekelilingnya. Siswa yang telah mendaftar mengikuti lomba berdiri mengantre menunggu gilirannya.

Dengan wajah riang dan ceria, permainan dimulai. Di lomba estafet spons, masing-masing kelompok berbaris dengan merentangkan tangan, lalu baris paling depan memasukkan spons pada ember berisi air kemudian menyalurkan pada teman satu kelompoknya. Siswa pada baris paling belakang memeras spons agar air dapat mengalir ke dalam botol, hal itu diiringi teriakan riuh untuk berhati-hati agar air tidak sampai ke luar botol.

(Foto: Istimewa)

Melihat itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Khoiro Numsyah, S.Pd. menyampaikan, “Wah mereka sangat antusias sekali, di lomba estafet spons, tiap kelompok harus memasukkan air sebanyak-banyaknya ke botol yg tersedia melalui spons dengan waktu yang terbatas, harus teliti, tangkas dan bekerja sama dengan anggota timnya supaya cepat penuh botolnya.”

Khoiro menuturkan tiga tujuan kegiatan Classmeeting Berlian School. Pertama, penyegaran pasca ujian. Siswa bisa merefresh dan menghilangkan kepenatan setelah satu pekan melaksanakan penilaian akhir semester sehingga lebih semangat lagi dalam berkegiatan di sekolah.

“Kedua, untuk melatih siswa dalam bekerja sama dan sportif  berkompetisi. Kalah menang itu biasa, yang terpenting adalah kekompakan dan semangat kebersamaan tiap kelas” ujar perempuan yang akrab dipanggil Khoiro itu.

Terkahir, lanjut Khoiroh, jadi ajang silaturrahim. Siswa bisa bertemu dan berkenalan dengan kakak ataupun adik kelas di kegiatan classmeeting sehingga bisa menumbuhkan sikap peduli antar sesama. (Bas/Saf)


Category: Fun Learning , News