Fauzuddin Ahmad SPd dan dr Mukhibbatul Khusnah MM menunjukkan dokumen MoU yang telah ditandatangani (Istimewa/PWMU.CO)

Berlian School-Dinas Kesehatan Teken MoU, laporan kontributir PWMU.CO Sayyidah Nuriyah

PWMU.CO – SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik menjalin kerja sama. Secara resmi penandatanganan MoU (memorandum of understanding) kedua pihak diteken di Meeting Room Berlian School.

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad SPd dan Kepala Dinas Kesehatan Dr Mukhibbatul Khusnah MM yang menandatanganinya, Jumat (24/12/2021) pagi.

Berlian School dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik bersinergi dalam program Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah. Adapun cakupan kerja sama tersebut meliputi tiga aspek.

Pertama, pembinaan dan pengembangan lingkungan sekolah sehat baik fisik, mental maupun sosial. Usaha Kesehatan Sekolah Atau Madrasah (UKS/M) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah.

Kedua, kebijakan yang mendukung pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah di SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik. Ketiga, edukasi dan penyuluhan Kesehatan.

Ada Kebersamaan dan Koordinasi

Mewakili pemerintah Kabupaten Gresik, Mukhibbatul Khusnah mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik sehingga bisa menghasilkan yang betul-betul bermanfaat untuk institusi di Muhammadiyah.

“Harapan kita juga bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Gresik. Bahkan, Alhamdulillah sudah bermanfaat untuk masyarakat Bojonegoro. Mudah-mudahan semua itu menjadi barokah,” ucapnya.

Pada 29 November 2021 lalu, Ahmad—mewakili Berlian School sebagai sekolah terpilih dari Kabupaten Gresik—menjadi narasumber dalam Pertemuan Orientasi Pengembangan Model Sekolah/ Madrasah Sehat se-Bakorwil Bojonegoro. Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Timur yang menggelarnya.

Selanjutnya, dia mengucap terima kasih karena perbaikan demi perbaikan dibutuhkan kesabaran. “Diawali keterpaksaan, ustad-ustadzah ya, kita semua merasakan saat ada lomba, ‘Ini harus dicat! Saya ingat sampai jam 11 malem ngecat paving (https://pwmu.co/107763/08/30/indahnya-paving-literasi-ala-berlian-school/), teman-teman mengangkuti sampah,” ujarnya.

Dia mengungkap, biasanya saat ada lomba sekolah saja, semua mempercantik sekolahnya. Dia menceritakan, “Setelah beberapa bulan kita berkunjung lagi, masih ada sisa-sisa tapi tidak terawat dengan baik.”

Tapi kata dia berbeda dengan Berlian School. “Sampai hari ini masih terawat. Dulu kita sama-sama berjuang. Dapat dukungan sangat besar dari sekolah, yayasan, dan Ikwam. Kami di Dinas Kesehatan sangat terbantu!”

Dua instansi yang ingin mencapai sesuatu yang baik, kata dia, tidak akan terwujud jika hanya dikerjakan sendiri. “Dinas Kesehatan sendiri meski jungkir balik, kalau tidak didukung sekolah tidak akan terwujud. Begitu juga teman-teman Puskesmas. Program imunisasi contohnya. Kalau sekolah tidak mendukung, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.

“Kami sering dibiarkan saja, bahkan dicuekin oleh sekolah. Kami bekerja sendiri di sekolah. Memang itu program pemerintah. Kamk dari Dinas Kesehatan menjalankan program dalam rangka menyejahterahkan dan menyehatkan masyarakat,” terang dia.

Tapi dia bersyukur bisa menemukan kebersamaan, koordinasi, dan komunikasi di Berlian School. “Di SDM 2 GKB ini saya merasakan kebersamaan, perjuangan, dan keikhlasan itu benar-benar ada,” imbuhnya.

Untuk keberlanjutan program, kata dia, Dinkes butuh dukungan. Kata dia, “Support dari sekolah sangat mendukung program kami yang ada di Dinas Kesehatan.”

Dia lantas mengucapkan, “Selamat untuk Berlian School atas prestasi yang sudah sangat besar yang harapannya itu terus meningkat!”

Kemudian, dia berpesan agar kebaikan ini tidak berhenti di SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik. “Nanti dari SD Muhammadiyah akan mengembangkan ke SD Muhammadiyah yang lain. Setelah itu mungkin bisa ke SD yang lainnya. Sehingga bisa menjadi role model, acuan, pilot project, untuk sekolah-sekolah lainnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dr Mukhibbatul Khusnah MM memanen jamur tiram di Kumbung Jamur Berlian School. Berlian School-Dinas Kesehatan Teken MoU (Istimewa/PWMU.CO)

Jaga Kesehatan Sekolah

Kepada Mukhibbatul Khusnah, Fauzuddin Ahmad mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diterima. “Mudah-mudahan terus mengembangkan kesehatan di Gresik dan membimbing kita di SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik,” ujarnya.

Kemudian, Berlian School mengucap terimakasih kepada Dinkes Kabupaten Gresik yang terus mendorong untuk menjaga kesehatan sekolah. Ahmad menyampaikan, Berlian School perlu menjalin kerjasama dengan Dinkes untuk mendukung upaya menjaga kesehatan di sekolah.

Sebagai peraih juara II Lomba Sekolah Sehat Nasional, Ahmad menegaskan Berlian School konsisten menjaga budaya sekolah sehat. “Tidak hanya untuk lomba saja. Setelah lomba itu kita jaga sampai sekarang. Baik dari segi lingkungan maupun makanan. Ini yang menjadi dorongan anak-anak tetap sehat dan bisa belajar dengan maksimal,” terangnya.

Dalam implementasinya, pihak sekolah, lanjutnya, juga terus bekerja sama dengan Ikwam. “Ikwam terus membantu penanaman toga, hidroponik, dan kumbung jamur,” ungkapnya.

Usai menandatangani MoU itu, Ahmad memberikan cinderamata berupa buku Sekolah Sehat, Siswa Berprestasi. Kemudian, Ketua Ikwam Amilatun Nadhifa memberikan cinderamata sabun ramah lingkungan (Si Ramli) buatan Ikwam. Mukhibbatul Khusnah juga diajak berkeliling ke area sekolah untuk melihat progress perawatan lingkungan sekolah sehat. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni


Category: News , Sekolah Sehat Nasional