PWMU.CO – Bikin Es Puter dan Belajar Perubahan Bentuk. Berlian School mengajak siswa TK Dharmawanita Persatuan Dahanrejo (DWP) Kebomas Gresik membuat es puter dalam kegiatan Fun Learning, Sabtu (13/11/21).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Muhammadiyah 2 (Berlian School) GKB Gresik Khoiro Numsyah SPd mengatakan 49 siswa mengikuti kegiatan dalam rangka School Tour ini.

“Kami mengajak siswa TK ini untuk bergembira di Berlian School. Di sini mereka bisa bermain dan sekaligus belajar,” ujarnya.

Dia memaparkan siswa TK melakukan kegiatan pertama dengan membuat es puter. Sebelum mereka praktik memutar panci yang berisi es dan diletakkan di bak yang berisi garam kasar, guru Berlian School memberikan penjelasan untuk mempermudah proses belajarnya.

“Ustadzah Ika Wahyuni SPd memberikan penjelaskan tentang perubahan wujud yang akan terjadi jika panci tersebut diputar terus menerus. Setelah penjelasan ini, anak-anak antusias dan tidak sabar untuk segera memutar panci yang ada di depan mereka.”

Siswa TK praktik secara mandiri membuat kudapan Jasuke (Anita Firlyando/PWMU.CO)

Buat Makanan Jasuke

Khoiro Numsyah menjelaskan setelah membuat es puter, siswa juga diajak membuat makanan jagung, susu, dan keju (jasuke).

“Setelah diberi contoh menghidangkan jasuke, anak-anak dengan mandiri, bisa menghidangkan jasuke dengan baik. Meski beberapa ada yang rapi dalam menyajikannya,” tuturnya.

Ketua pelaksana Nugraheny SPdI pembuatan Jasuke ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan percaya diri anak, serta memberikan pengetahuan anak tentang contoh kudapan sehat.

Siswa semakin antusias, seperti halnya Muhammad Syarif Ali Alfath. Dia mengaku senang mengikuti kegiatan kunjungan ini. “Senang sekali, tadi seru puter-puter es-nya dengan teman dan juga membuat jasuke,” ungkapnya.

Kegiatan Berguna

Kepala TK DWP Nurshilla SPdI, dalam sambutannya, mengatakan anak-anak sangat senang berkesempatan berkunjung ke Berlian School ini.

“Alhamdulillah, mereka sangat antusias dengan kunjungan ini, begitu juga wali murid. Anak-anak juga menjadi tahu gambaran sekolah dasar dengan mengikuti kegiatan di Berlian School ini. Semoga kegiatan ini berguna untuk kalian semua ya anak-anak,” ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung selama satu setengah jam dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini ditutup dengan pembagian hadiah. (*)

Penulis Anita Firlyando. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.


Category: Fun Learning , News

Tags: ,