Sebagian kupon Big Sale 10.10 (Anita Firlyando/PWMU.CO)

PWMU.CO – Wow! Dua Ribu Item Terjual di Big Sale 10.10 Berlian School. Bazar makanan dan minuman ini bukan sekadar bazar biasa.

Ini bagian dari serangkaian perhelatan akbar Gebyar Aksi 10.10 bersama Unicef Spesial Peringatan Hari Pangan Sedunia bertema “Kolaborasi dalam Kreasi”.

Setiap kelas menjual satu paket/jenis makanan atau minuman dengan harga jual Rp 10 ribu. Berdasarkan keterangan ketua penyelenggara Ika Methasari SPd, harga ini sengaja ditetapkan sesuai nama kegiatannya.

Pre-order produk Big Sale 10.10 bagi siswa maupun guru digelar pada tanggal dan waktu yang cantik. Yaitu Jumat (8/10/21) pukul 8 pagi sampai Ahad (10/10/21) pukul 10 malam.

Selama dua hari itu, lebih dari dua ribu item pesanan terekam di online form. “Sebanyak 2030 item terjual dalam masa pre-order!” ujar Wakil Ketua Penyelenggara Novia Qurrati Ayunina.

Ragam Menu Penggoda Selera 

Rangkaian Big Sale 10.10 bermula sejak Senin (4/10/21) pagi. Wali siswa perwakilan masing-masing kelas mendaftarkan menu makanan dan minuman yang akan mereka jual. Pendaftaran berlangsung selama dua hari, sehingga berakhir pada Rabu (6/10/21) malam.

Muncullah aneka menu penggoda selera. Mulai dari jajanan, penganan berat, pencuci mulut, hingga minuman. Menu jajanan paling mendominasi. Di antaranya, pempek palembang, pisang selimut, takoyaki, popcorn, mini corndog, pizza, dan bakso.

Nasi bakar, nasi ayam ricis, nasi katsu, nasi bento, dan mi pedas berlevel mengisi jajaran menu makanan berat. Aneka minuman juga tersedia, es manado misalnya. Sedangkan makanan pencuci mulut antara lain asinan bogor, rujak manis, dan salad buah.

Dari 24 menu yang terdaftar, tim guru langsung menyusun katalog menu pemesanan di Google Form. Ada foto setiap produk sehingga memudahkan pemesan menentukan pilihan yang akan mereka beli.

Kali ini, pembelian dilakukan dengan sistem pre-order. Fatma Hajar Islamiyah SPd, Wakil Ketua Penyelenggara, menerangkan, dengan memesan dulu sejak H-6 sebelum membeli, harapannya penjual tidak akan rugi. Sebab, mereka hanya membuat produk sesuai jumlah pesanan yang sudah dibayar.

Dari dua ribuan item yang sudah terekam itu, lanjut Fatma, tim Divisi Umum Ikwam Berlian School membantu mengomunikasikan ke masing-masing wali siswa yang menjual produknya.

Wakil Ketua Penyelenggara Fatma Hajar Islamiyah SPd (Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Belajar Berhitung dari Kupon 

Sejak H-3 puncak Big Sale 10.10 (13/10/21), siswa melakukan penukaran kupon dengan uang sejumlah harga produk yang dipesan ke wali kelas masing-masing. Ini dilakukan secara bergantian ketika tiba jadwal mereka melakukan pertemuan tatap muka terbatas di sekolah.

Selembar kupon bernilai 10 ribu rupiah. Ada gambar menu di setiap kuponnya. “Wali kelas membantu anak-anak belajar menghitung pesanannya dan berapa kupon yang mereka dapat,” tutur Fatma.

 

Jadi, saat transaksi jual beli pada puncak Big Sale, para siswa dari kelas I-VI menggunakan kupon tersebut. “Itu strategi kita memudahkan anak-anak melakukan transaksi, sehingga waktu transaksinya cepat. Anak-anak yang membeli bisa langsung pulang setelah menukar kuponnya,” jelas Fatma.

Asal-usul Big Sale 

Saat ditanya asal-usul Big Sale 10.10, Fatma mengingat sambutan Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) Fauzuddin Ahmad SPd di Big Sale 4.4 (April 2021).

Ustad Ahmad—sapaan akrabnya—mengapresiasi kegiatan Big Sale, menilainya menarik untuk mewujudkan program kemahiran hidup pada siswa. Selain itu, bisa saling membantu ekonomi wali siswa yang terdampak pandemi.

“Jadi Ustadz Ahmad minta (Big Sale) dilaksanakan lagi di semester ini dan harapannya ada di tiap semester, akhirnya lanjutlah ada Big Sale 10.10,” ungkap Koordinator Kemahiran Hidup kelas I dan II itu. (*)

Penulis Sayyidah Nuriyah Editor Mohammad Nurfatoni


Category: Uncategorized