PWMU.CO – Begini Berlian School Latih Siswa MandiriBerlian School memberi tantangan unik kepada siswa berupa membuat video kreatif saat mengganti sprei secara mandiri di kamar masing-masing.

Koordinator Bidang Kemahiran Hidup SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) Fatma Hajar Islamiyah SPd menjelaskan, siswa perlu latihan bertanggung jawab menjaga kebersihan tempat tidur di kamar yang merupakan ruang pribadinya.

Tantangan ini berlangsung selama lima hari. Yaitu sejak 29 Januari hingga 2 Februari 2021. Sebanyak 32 siswa dari kelas I-VI antusias mengikuti tantangan ini dengan mengunggah video kreatifnya di media sosial Instagram atau Facebook siswa.

Sebelumnya, siswa diminta menonton video tutorial mengganti sprei di kanal Youtube Admin Berlian. Dalam video tersebut, Fatma mempraktikkan enam langkah mengganti sprei.

“Siapkan penebah dan sprei. Bersihkan permukaan tempat tidur dengan menggunakan penebah. Pasang sprei pada tempat tidur. Masukkan ujung sprei pada tiap sudut dan sisi tempat tidur. Rapi dan bersihkan menggunakan penebah. Dan letakkan bantal,” terangnya.

Kemahiran Menjaga Kesehatan di Kamar Tidur

Fatma menjelaskan, menjaga kesehatan menjadi hal utama di tengah pandemi ini. Dia menegaskan salah satu cara menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan tidur yang nyenyak dan cukup.

“Istirahat yang cukup bisa menambah imun dan semangat,” ujarnya setelah Awarding Make Bed Over (MBO) Times, Jumat (5/2/2021).

Menurtnya, tempat tidur yang nyaman dapat menghasilkan istirahat yang berkualitas, sehingga berpengaruh pula pada kualitas kesehatan.

“Dengan menjaga kebersihan dan kerapian kamar, tidur menjadi nyenyak dan imun terjaga,” tutur dia.

Fatma menyampaikan, terselenggaranya kegiatan ini sebagai usaha membentuk pembiasaan baik siswa saat di rumah.

“Karena anak-anak sudah bisa semua, mengganti spreinya tidak hanya saat challenge ini saja ya, tapi juga dilakukan seterusnya untuk membantu orang tua,” terangnya.

Sebagian siswa yang mengikuti Awarding MBO Times. Begini Berlian School Latih Siswa Mandiri (tangkapan layar Sayyidah Nuriyah/PWMU.CO)

Awarding MBO Times: Inilah Pemenangnya!

Beriringan dengan kegiatan Guest Star OST Robotic yang diselenggarakan secara daring, Fatma mengumumkan para pemenang tantangan MBO Times. Para siswa menyimak dengan antusias.

Berikut para pemenangnya:

  1. Brilliano Al-Ibrahim (Kelas 1 Jawa)
  2. Rei Rosyaila Roxanne Rosyadi (Kelas 2 Al-Fiil)
  3. Natashifa Yasmin Aflaha (Kelas 3 Kelvin)
  4. Muhammad Fachri Wicaksono (Kelas 4 Tanggedu)
  5. Syafa Aurellia Azzahra (Kelas 5 Giralda)
  6. Farrel Raditya H. (Kelas 6 Sholahuddin Al Ayyubi)

Selamat para pemenangnya! Sampai jumpa di tantangan kemahiran hidup berikutnya. (*)

Penulis Sayyidah Nuriyah Editor Mohammad Nurfatoni

 

Artikel ini telah diterbitkan PWMU.CO pada jumat 5 Pebruari 2021


Category: Uncategorized