PWMU.CO – Resmikan Sekolah Riset Smamio Gresik, Ini Harapan Haedar Nashir. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir MSi meresmikan SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) sebagai Sekolah Riset pada acara Milad Ke-6 Smamio, Jumat (22/01/21).

Acara yang digelar secara virtual ini disiarkan via Zoom, TVMu, dan streaming Youtube Smamio GKB Channel yang diikuti 1.000 partisipan.

Haedar menyatakan momentum milad kali ini harus dijadikan sebagai momentum untuk peningkatan kualitas. “Sekaligus menjadikan sekolah Muhammadiyah tercinta ini sebagai lembaga pendidikan menengah Muhammadiyah yang unggul berkemajuan,” ujarnya.

Dia berharap, dari Smamio akan lahir kader dan anak panah Muhammadiyah yang berakhlak mulia, cerdas berilmu, dan berkeahlian serta berkontribusi dalam kehidupan masyarakat luas.

“Serta memberi peran yang terbaik bagi lingkungannya dan dalam kehidupan umat, bangsa dan di ranah global di tengah kehidupan yang penuh dengan kompetisi dan perubahan saat ini,” terangnya.

Milad Smamio, sambungnya, juga harus dijadikan sebagai wahana untuk menyatukan seluruh potensi dalam persyarikatan muhammadiyah.

“Khususnya dalam mengelola amal usaha pendidikan agar secara bersama-sama bersinergi menjadikan amal usaha ini sebagai driving force (kekuatan penggerak) Muhammaiyah dalam membangun khairu ummah di Gresik sampai ke nasional dan global,” harapnya.

Haedar juga menyatakan harapannya agar Muhammadiyah dan seluruh amal usahanya menjadi kekuatan strategis bagi usaha mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan kualitas keunggulan umat Islam sebagai umat terbaik yang produktif dan berada di garis depan dalam kemajuan.

“Umat Islam harus hadir bukan hanya sebagai kekuatan mayoritas, tetapi juga kekuatan yang berkualitas dan satu di antaranya karena peran lembaga pendidikannya untuk meningkatkan sumber daya insani umat yang unggul berkemajuan,” tutur dia,

Pada kesempatan tersebut, Haedar meresmikan Smamio sebagai sekolah riset. Menurutnya ini sebagai bentuk ikhtiar untuk pengembangan riset bagi kemajuan lembaga pendidikan dan bertujuan memberi nilai manfaat bagi kehidupan masyarakat luas.

“Saya, Ketua Umum Pimpinan pPusat Muhammadiyah secara resmi dengan mengucap bismillahhirrahmanirrahim, meresmikan pusat riset SMA Muhammadiyah 10 Gresik Kota Baru,” ucapnya yag diiringi tepuk tangan meriah dari seluruh partisipan.

Setiap Siswa Hasilkan Karya Ilmiah

Koordinator Sekolah Riset Smamio Nanik Rahmawati MSi, mengatakan untuk ke depan Smamio memiliki target yaitu setiap siswa bisa menghasilkan karya ilmiah.

“Ada empat poin yang ingin dicapai Smamio sebagai sekolah riset, yaitu melatih anak-anak berpikir ilmiah, peka terhadap permasalahan di sekitar mereka, bisa menemukan solusi dari permasalahan, dan menuangkan idenya dalam bentuk tulisan,” terang guru kimia kelas XII ini.

Nanik juga menyatakan Smamio siap menjadi fasilitator bagi setiap siswa yang memiliki ide untuk dikembangkan sebagai suatu penelitian.

“Biasanya anak-anak yang menemukan ide sendiri, lalu kami bantu mengembangkan dan mengeksekusi penelitiannya, tentu anak-anak juga ikut terlibat aktif,” sambungnya.

Dia berharap, setelah diresmikan sebagai sekolah riset, setiap pembelajaran akan mengarah pada pemecahan masalah untuk melatih siswa berpikir ilmiah.

“Rencananya nanti semua pembelajaran akan menerapkan project based learning sebagai wujud dari Smamio sebagai sekolah riset,” ujanya. (*)

Penulis Mar’atus Sholichah. Editor Mohammad Nurfatoni.

artikel ini telah diterbitkan oleh PWMU.CO pada 22 Januari 2021


Category: Uncategorized