PWMU.CO – Jamu Tolak Virus Corona ala Berlian School ini sebagai ikhtiar menyehatkan diri sehingga tidak mudah terinfeksi virus yang belum ada vaksinnya itu.

Jamu ini terbuat dari bahan-bahanrempah-rempah asli Indonesia seperti jahe, temulawak, atau kunyit.

Cara membuat Jamu Tolak Virus Corona ala Berlian School ini dijelaskan Kader Pokja Toga UKS SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Michele Putri Candra dan Syafa Aurelia Azzahra dalam acara puncak Pekan Corona di Berlian School, Jumat (13/3/20).

Bahan yang diperlukan dalam membuat satu gelas (150 ml) adalah 150 gram jahe, 100 gram temulawak, kunyit secukupnya, kencur, dan dua batang kayu manis.

Selanjutnya satu lembar daun pandan, dua batang sereh, dan 5 sendo makan gula merah atau gula putih (sesuai selera). Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah kompor, panci, pengaduk, dan saringan.

Pencegah, Bukan Penyembuh

Sebelum memulai demonya, Michele dan Syafa menjelaskan kalau minum jamu ini untuk tindakan pencegahan. Bukan pengobatan.

“Rempah-rempah atau empon-empon baik dikonsumsi untuk orang yang sehat sebagai pencegah, bukan untuk penyembuhan atau pengobatan,” jelas Michele.

Dia menjelaskan, kandungan utama senyawa aktif empon-empon kurkumin memiliki aktivitas anti-inflamasi, analgetik, dan imunomodulator.

Selain itu empon-empon mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang dan meningkatkan daya tahan tubuh,” terangnya. Syafa menambahkan, semua bahan untuk membuat jamu tersebut hasil dari kebun sekolah.

Jamu Tolak Virus Corona ala Berlian School ini sebagai ikhtiar menyehatkan diri sehingga tidak mudah terinfeksi virus yang belum ada vaksinnya itu.
Siswa, Ikwam, dan guru Berlian School kompak minum Jamu Tolak Virus Corona (Febriyanti/PWMU.CO)

Cara Memuat Jamu Tolak Virus Corona

Michele dan Syafa menjelaskan langkah-langkah membuat jamu sebagai berikut. Bersihkan semua bahan dari kotoran seperti tanah liat. Iris kecil bahan-bahan jamu sesuai kebutuhan. Sesuaikan dengan ukuran panci.

Rebus semua bahan, aduk pelan hingga mendidih. Setelah mendidih saring air rebusan ke dalam gelas. Tunggu hingga jamu menjadi hangat.

“Jamu ini baik dikonsumsi setiap pagi dan sore. Dengan mengkonsumsi jamu ini tubuh kita akan kebal terhadap virus penyebab penyakit, sehingga tubuh kita menjadi sehat,” kata Michele yang diiyakan Syafa.

Setelah demo pembuatan jamu selesai, seluruh warga sekolah dan Ikatan Wali Murid (Ikwam) Berlian School minum jamu bersama di lapangan sekolah.

Empon-Empon Laris

Pemberitaan merebaknya penyakit oleh Virus Corona beberapa waktu ini, membawa berkah tersendiri bagi pedagang empon-empon bahan jamu.

Dalam pantauan PWMU.CO, sudah beberapa hari ini para pedagang empon-empon yang ada di pasar tradisional Gresik kebanjiran pembeli.

Para pembeli memborong empon-empon karena jamu dari bahan tersebut telah terbukti menambah kekuatan dan antibodi sehingga tidak mudah terjangkiti penyakit, termasuk oleh Virus Corona.

Semoga Jamu Tolak Virus Corona ini bisa membantu! (*)

Penulis Ahmad Nasafi. Editor Mohammad Nurfatoni.


Category: Uncategorized